Negara Kepulauan Kecil Salahkan Negara Kaya Atas Krisis Iklim Global

Happy Fajrian
25 September 2023, 19:16
krisis iklim, perubahan iklim
ANTARA FOTO/jojon/aww.
Ilustrasi.

Negara-negara kepulauan di Samudera Atlantik dan Pasifik menyalahkan negara-negara kaya atas krisis iklim yang terjadi saat ini. Pada pertemuan tahunan PBB Jumat (22/9), para pemimpin negara-negara kepulauan menilai negara kaya telah gagal dalam mengambil tindakan nyata untuk mengatasi perubahan iklim.

Kegagalan negara kaya untuk bertindak dalam mengatasi krisis iklim dinilai telah membahayakan kelangsungan hidup penduduk di negara-negara kepulauan karena naiknya permukaan air laut dan suhu udara global.

“Ada banyak di antara kami, negara pulau kecil yang terpinggirkan di dunia, yang yang mulai mempertanyakan parade tahunan pidato berbunga-bunga dan kepura-puraan persaudaraan dalam sidang tahunan PBB,” kata Perdana Menteri Saint Lucia, Philip Pierre, pada pertemuan tersebut.

Beberapa pembicara pada acara yang berlangsung selama seminggu tersebut mengutip Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, yang pada bulan Juli memperingatkan bahwa era pemanasan global telah berakhir dan era pendidihan global telah tiba.

Kurangnya urgensi yang dirasakan oleh negara-negara maju merupakan tema yang berulang. Para pembicara menekankan bahwa kegagalan dalam mengekang emisi gas rumah kaca secara memadai telah berkontribusi pada naiknya permukaan air laut, mengancam negara-negara kepulauan.

“Masalahnya adalah mereka yang tindakannya paling kita butuhkan mungkin terlalu yakin akan kelangsungan hidup mereka sehingga mereka tidak bertindak cukup dini untuk kita,” kata Perdana Menteri Barbados Mia Mottley.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...