Konflik Israel - Palestina Memanas, Korban Tewas Melebihi 1.100 Orang

Tia Dwitiani Komalasari
9 Oktober 2023, 06:21
Eskalasi konflik Palestina - Israel meningkat di Jalur Gaza, Minggu (8/10)
Antara
Eskalasi konflik Palestina - Israel meningkat di Jalur Gaza, Minggu (8/10)

Israel menggempur daerah kantong Palestina di Gaza dan menewaskan ratusan orang pada hari Minggu (8/10). Sebelumnya, kelompok Hamas dilaporkan telah menewaskan 700 warga Israel dan menculik puluhan lainnya, 

Dikutip dari Reuters, amukan pejuang Hamas di kota-kota Israel pada hari Sabtu adalah serangan yang paling mematikan sejak serangan Mesir dan Suriah dalam perang Yom Kippur 50 tahun yang lalu. Hal itu mengancam akan memicu konflik yang tidak pernah berakhir lagi.

Israel kemudian membalas dengan serangan udara yang menghantam blok perumahan, terowongan, masjid dan rumah pejabat Hamas di Gaza. Serangan tersebut menewaskan lebih dari 400 orang, termasuk 20 anak-anak.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan akan melaukan balas dendam yang besar.

“Harga yang harus dibayar oleh Jalur Gaza akan sangat berat dan akan mengubah kenyataan dari generasi ke generasi,” kata Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant, di kota Ofakim.

Tidak Ada Tempat bagi Warga Gaza Mengungsi

Di sisi lain, Al Jazeera melaporkan tidak ada tempat bagi warga Gaza untuk mengungsi di tengah pemboman Israel
Serangan udara Israel telah menewaskan lebih dari 400 orang dan merusak sejumlah bangunan tempat tinggal di Jalur Gaza, Palestina,  yang terkepung.

Di Kota Gaza, pesawat udara Israel menghantam gedung 11 lantai di lingkungan Al-Nasr yang dihuni sekitar 80 keluarga. Serangan tersebut menyebabkan banyak orang kehilangan tempat tinggal.

Mohammed Salah, dari lingkungan Beit Lahia di utara Gaza, mengatakan dia meninggalkan rumahnya dan berlindung di sebuah sekolah yang dikelola PBB bersama keluarga-keluarga lain. Salah pergi dari daerah yang dia sebut sebagai “pengeboman tanpa pandang bulu” oleh Israel.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...