Hari Anak Sedunia, Sejarah, Urgensi dan Cara Memperingatinya

Annisa Fianni Sisma
20 November 2023, 06:35
Hari Anak Sedunia
un.org
Hari Anak Sedunia

Peringatan Hari Anak Sedunia ditetapkan pada tanggal 20 November setiap tahunnya. Tujuan penetapannya yakni mempromosikan kebersamaan internasional, dan kesadaran untuk meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Berkaitan dengan Hari Anak Sedunia 2023, tema yang diusung yakni “For every child, every right” yang artinya “Untuk setiap anak, setiap hak”. Sama seperti tema perayaan lainnya, Hari Anak Sedunia 2023 juga memiliki makna dalam tema yang diusung tersebut.

Untuk merayakan Hari Anak Sedunia dengan baik dan tepat, setiap orang perlu memahami sejarah dan urgensi Hari Anak Sedunia. Simak sejarah dan urgensi peringatan Hari Anak Sedunia dalam uraian berikut.

Sejarah dan Urgensi Peringatan Hari Anak Sedunia

Hari Anak Sedunia
Hari Anak Sedunia (pexels)

Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1954 sebagai Hari Anak Universal. Tanggal 20 November merupakan tanggal yang penting dan berkaitan dengan perayaan itu.

Pada 20 November di tahun 1959, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Deklarasi Hak-Hak Anak atau Declaration of the Rights of the Child. Tanggal tersebut merupakan tanggal yang sama pada tahun 1989 ketika Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak.

Kemudian sejak 1990, Hari Anak Sedunia pun ditetapkan pada tanggal tersebut sebagai pendanda peringatan saat Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak dan Konvensi Hak Anak. Oleh sebab itulah Hari Anak Sedunia ditetapkan pada tanggal tersebut.

Urgensi peringatan Hari Anak Sedunia adalah meningkatkan kesadaran seluruh pihak atas pentingnya hak anak. Mulai dari seorang bapak, ibu, guru, perawat, dokter, pemerintah, aktivis, pemuka agama, pemimpin perusahaan, media, anak muda, masyarakat umum, dan anak itu sendiri berperan penting dalam menjadikan Hari Anak Sedunia sebagai hari yang bermakna.

Hari Anak Sedunia juga mengusung kesempatan untuk mengadvokasi, mempromosikan, menyoroti, dan merayakan hak anak. Sorotan terhadap hal-hal tersebut adalah perlindungan terhadap anak sekaligus perlindungan terhadap bangsa di masa depan.

Hari Anak Sedunia
Hari Anak Sedunia (pexels)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, setiap anak memiliki hak kesehatan, pendidikan, perlindungan. Namun masih banyak anak yang tidak mendapatkan hal tersebut karena berbagai kendala seperti negara, jenis kelamin, kesadaran, atau keadaan tempat kelahirannya.

Kemiskinan benar-benar berpengaruh terhadap kesejahteraan anak. Menurut situs PBB, satu dari enam anak hidup dalam kemiskinan ekstrem. Kemudian pada 2019, 149 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting.

Meskipun semakin meningkatkan kepedulian terhadap anak, masih banyak anak yang kehilangan kesempatan dalam berbagai aspek. Contohnya yakni anak-anak dalam konflik bersenjata.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...