Mengenal Sejarah Hari Kanker Anak Internasional

Annisa Fianni Sisma
14 Februari 2023, 15:30
Sejarah Hari Kanker Anak Internasional
internationalchildhoodcancerday.org
Ilustrasi, anak penderita kanker.

Sejarah Hari Kanker Anak Internasional atau yang turut dikenal dengan International Cancer Childhood Day (ICCD) menarik untuk diketahui. Pasalnya, International Cancer Childhood Day (ICCD) yang diperingati pada 15 Februari setiap tahunnya adalah momen penting bagi anak di seluruh dunia.

International Cancer Childhood Day (ICCD) atau Hari Kanker Anak Internasional adalah kampanye kolaboratif dunia untuk meningkatkan kesadaran akan kanker yang terjadi kepada anak-anak. Selain itu, kampanye ini juga sebagai perwujudan dukungan bagi anak-anak serta remaja yang menderita kanker, para penyintas dan keluarga penderita.

International Cancer Childhood Day (ICCD) menyadarkan siapapun tentang tantangan kanker yang berdampak pada anak maupun remaja, para penderita, dengan keluarganya. Selain itu, hari peringatan ini juga menyoroti perlunya akses yang adil dan lebih baik terkait perawatan untuk semua penderita kanker dimana saja.

Melihat hal tersebut, menarik membahas tentang sejarah Hari Kanker Anak Internasional yang diperingati setiap 15 Februari. Berikut pembahasan tentang sejarah Hari Kanker Anak Internasional.

Sejarah Hari Kanker Anak Internasional

Sejarah Hari Anak Internasional
Sejarah Hari Anak Internasional (internationalchildhoodcancerday.org)
 

Sejarah Hari Kanker Anak Internasional awalnya yakni adanya seorang ahli bedah Inggris bernama percival Pott menemukan kanker skrotum. Kanker ini kerap ditemukan diantara penyapuan cerobong asap pada 1775.

Kemudian, Organisasi Kanker Anak Amerika yang bernama Candlelighters Childhood Cancer Foundation didirikan oleh orang tua dari anak-anak yang menderita kanker. Organisasi tersebut didirikan pada 1970 dan kini menjadi anggota AS Childhood Cancer International (C.C.I).

Berikutnya pada 1991, terdapat organisasi dukungan pasien terbesar untuk kanker anak di dunia yang berdiri. Kemudian, sejarah Hari Kanker Anak Internasional pun semakin terlihat pada 2002. Pasalnya, Hari Kanker Anak Internasional mulai diresmikan.

Pada 2007, organisasi terkemuka yang didedikasikan untuk mengatasi ketidaksetaraan perawatan kanker untuk anak pun berdiri. Organisasi tersebut berdiri dengan beragam program di seluruh dunia.

Oleh karena itu, sejarah Hari Kanker Anak Internasional berkaitan dengan pendirian organisasi Childhood Cancer Internasional pada 2002. Kemudian, muncul acara tahunan yang dibuat oleh Childhood Cancer International.

Childhood Cancer Internasional Kini

Sejarah Hari Anak Internasional
Sejarah Hari Anak Internasional (internationalchildhoodcancerday.org)
 

Di dalam organisasi tersebut, terdapat sekitar 176 organisasi orang tua, penyintas kanker anak, kelompok pendukung kanker anak, dan masyarakat yang menderita kanker. Organisasi tersebut tersebar di lebih dari 94 negara di 5 benua di dunia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...