Tiga Generasi Keluarga di Gaza Habis Akibat Serangan Udara Israel

Happy Fajrian
9 November 2023, 09:13
gaza, israel, palestina, konflik israel palestina
Ashraf Amra/Reuters
Ilustrasi, sebuah gedung di Gaza hancur terkena serangan rudal Israel.

Satu keluarga di Gaza kehilangan tiga generasi sekaligus akibat serangan udara militer Israel. Serangan udara tersebut menghantam rumah Mohammed Hamdan di Gaza segera setelah salat Isya pada Selasa (7/11), menewaskan 35 anggota keluarga dalam tiga generasi.

Israel membantah menargetkan warga sipil dalam kampanye militernya, namun mengatakan pejuang Hamas sering beroperasi di wilayah pemukiman.

Hamdan, 50, terkubur di balik rumahnya yang runtuh dan butuh waktu satu setengah jam untuk mengeluarkannya. Dia menyadari bahwa dia telah kehilangan putrinya Malak, saudara laki-lakinya Ahmed, keponakan laki-lakinya, keponakan-keponakannya, dan banyak sepupunya.

“Adikku, keponakanku, dan aku sedang duduk bersama saudara lainnya setelah salat. Kami mendapati diri kami berada di bawah reruntuhan,” katanya, menceritakan momen serangan tersebut seperti dikutip Reuters, Kamis (9/11).

Keluarga Hamdan adalah salah satu dari banyak keluarga di Gaza yang tercerai berai akibat pemboman udara dan artileri yang belum pernah terjadi sebelumnya yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang menurut otoritas kesehatan.

Militer Israel telah sepenuhnya mengepung Gaza utara di bawah perlindungan serangan selama berminggu-minggu yang juga menghantam wilayah selatan seperti Khan Younis, tempat tinggal keluarga Hamdan.

Tujuan Israel adalah untuk menghancurkan kelompok Islam Palestina Hamas, yang militannya mengamuk di kota-kota Israel pada 7 Oktober, pergi dari rumah ke rumah ketika mereka membunuh 1.400 orang dan menculik 240 orang lainnya.

Bagi Hamdan, perang telah mengakhiri semua yang ia sayangi. “Kami besar di sini, kami tinggal bersama anak-anak ini. Saya tidak membayangkan akan terjadi kehancuran seperti ini,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...