Menyusul Cina, AS dan Inggris Laporkan Kasus Pneumonia Misterius

Image title
3 Desember 2023, 22:14
pneumonia
Dok. Daily Mail
Ilustrasi, pasien penderita pneumonia misterius di Ohio.

Amerika Serikat (AS) dan Britania Raya diberitakan telah melaporkan sejumlah kasus pneumonia misterius, seperti yang terjadi di Cina. Kasus di AS terjadi di negara bagian Ohio dan Massachusetts. Sementara, kasus di Inggris tersebar di Wales.

Mengutip Daily Mail, kasus di Ohio terjadi di Warren County, yang mengalami lonjakan kasus pneumonia pada anak-anak, beberapa di antaranya mengalami pneumonia mikoplasma, jenis yang sama yang terjadi di Cina.

Otoritas kesehatan Warren County mengumumkan, sebanyak 145 kasus pneumonia misterius dilaporkan terjadi pada anak-anak berusia 3-14 tahun sejak Agustus lalu. Penyebaran penyakit misterius ini kemudian diumumkan sebagai 'wabah', karena volume kasus di atas rata-rata.

Jenis patogen utama yang terdeteksi sejauh ini, adalah streptococcus pneumoniae, adenovirus, dan mycoplasma pneumoniae. Rata-rata orang yang terkena penyakit ini berusia delapan tahun, dan penyebarannya terjadi di beberapa distrik sekolah di Ohio. Namun, otoritas kesehatan tidak yakin apakah ada pola umum di antara anak-anak yang didiagnosis.

Sementara itu, di Massachusetts bagian barat, para dokter melihat banyak kasus pneumonia misterius, suatu bentuk penyakit paru-paru yang disebabkan oleh campuran infeksi bakteri dan virus.

Di wilayah ini, tidak ada wabah yang disebabkan oleh patogen baru dan tidak semua kasus pneumonia disebabkan oleh infeksi yang sama. Para ahli mengatakan campuran beberapa bakteri musiman dan virus menyerang secara bersamaan, sehingga memberikan tekanan pada rumah sakit. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa wabah yang telah membanjiri rumah sakit di Cina dapat menyerang AS pada musim dingin ini.

Adapun, di Inggris kasus pneumonia misterius terjadi Wales, dimana sebanyak 49 anak di daerah tersebut terkena pneumonia mikoplasma dai April hingga September.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...