COP28: UEA Tawarkan Rp 12 T Lawan Risiko Kesehatan Akibat Krisis Iklim

Happy Fajrian
4 Desember 2023, 07:13
cop28, krisis iklim, perubahan iklim, pemanasan global, risiko kesehatan
ANTARA FOTO/R. Rekotomo/Spt.
Pengunjuk rasa dari berbagai negara melakukan aksi saat berlangsungnya konferensi perubahan iklim COP28 UNFCCC di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu (3/12/2023).

Uni Emirat Arab (UEA) dan beberapa badan amal pada pertemuan puncak iklim PBB Minggu (3/12) menawarkan pendanaan sebesar US$ 777 juta atau hampir Rp 12 triliun untuk memberantas penyakit tropis yang terabaikan dan diperkirakan akan memburuk seiring dengan krisis iklim.

“Faktor terkait iklim telah menjadi salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia di abad ke-21”, kata Presiden COP28 Sultan Ahmed Al-Jaber dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Senin (4/12).

Janji tersebut, berfokus pada risiko kesehatan terkait iklim, termasuk US$ 100 juta dari UEA dan US$ 100 juta lainnya dari Bill and Melinda Gates Foundation. Negara lain yang mengumumkan dana masalah kesehatan terkait iklim adalah Belgia, Jerman, dan Badan Pembangunan Internasional AS.

Bank Dunia meluncurkan program untuk menjajaki kemungkinan langkah-langkah dukungan bagi kesehatan masyarakat di negara-negara berkembang, dimana risiko kesehatan terkait iklim sangat tinggi.

Beban penyakit tropis akan bertambah buruk seiring dengan pemanasan global, bersamaan dengan ancaman kesehatan lainnya yang disebabkan oleh perubahan iklim, termasuk malnutrisi, malaria, diare, dan tekanan panas.

Banyak penyakit tropis yang mudah diobati. Kebutaan sungai dan penyakit tidur, misalnya, merupakan penyakit endemik di Afrika dan menyebar melalui cacing parasit dan lalat yang cenderung berkembang biak di dunia yang memanas.

Lebih dari 120 negara telah menandatangani deklarasi COP28 yang mengakui tanggung jawab mereka untuk menjaga keselamatan masyarakat di tengah pemanasan global.

Deklarasi tersebut tidak menyebutkan bahan bakar fosil, sumber utama emisi pemanasan iklim, yang oleh Aliansi Iklim dan Kesehatan Global disebut sebagai “kelalaian yang mencolok”.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...