GECF Memproyeksi Investasi Gas Alam Global Capai US$ 9 T pada 2050

Image title
23 Maret 2024, 15:24
gas alam
Katadata
Ilustrasi, unit pengolahan gas alam.
Button AI Summarize

Forum negara-negara pengekspor gas atau The Gas Exporting Countries Forum (GECF) memproyeksikan total investasi gas alam global akan mencapai hampir US$ 9 triliun pada 2050. Sebanyak US$ 8,2 triliun diarahkan ke sektor hulu dan US$ 740 miliar untuk midstream.

Mengutip Azernews, produksi gas alam global diperkirakan akan mencapai 5,3 triliun meter kubik pada 2050, naik dari 4 triliun meter kubik saat ini. Realisasi target ini memerlukan investasi besar-besaran gas alam global di sektor hulu dan midstream hingga 2050.

Kawasan Asia-Pasifik dan Amerika Utara disebutkan akan memimpin investasi gas tersebut. Diikuti Eurasia, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, dan Eropa.

Menurut laporan GECF, kawasan Asia Pasifik akan menerima porsi terbesar investasi gas alam global di sektor hulu hingga 2050, dengan total US$ 2,1 triliun.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa Cina, Australia, dan Indonesia akan menyumbang 80% dari investasi ini di kawasan ini, dengan Cina memimpin dengan investasi sebesar US$ 650 miliar.

Sementara, negara-negara di belahan Amerika Utara diperkirakan akan berinvestasi sebesar US$ 1,6 triliun pada periode waktu yang sama, dengan mayoritas US$ 677 miliar akan diinvestasikan di Amerika Serikat (AS), diikuti oleh Kanada dengan US$ 630 miliar.

Di Eurasia, sebanyak US$ 1,5 triliun diperkirakan akan diarahkan untuk investasi pada periode yang sama, 70% di antaranya akan dilakukan oleh Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...