24 Cara Memutihkan Kulit Paling Efektif dan Aman

Image title
8 September 2021, 17:56
Cara memutihkan kulit, cara memutihkan kulit secara alami
Photo by Sora Shimazaki from Pexels
Ilustrasi penggunaan produk perawatan kulit

Memiliki kulit cerah alami merupakan dambaan banyak orang. Banyak yang mencari cara memutihkan kulit dengan berbagai usaha, mulai dari menggunakan krim hingga menjalani perawatan mahal di klinik kecantikan.

Namun, Anda harus bersiap merogoh kocek yang dalam. Terlebih lagi bahan kimia dalam produk-produk kecantikan yang bisa saja memberikan dampak buruk bagi kulit, khususnya jika diaplikasikan secara sembarangan.

Perlu diingat, mencerahkan kulit yang aman adalah dengan tidak mengubah warna alaminya. Namun, fokus pada upaya membuat kulit tampak lebih cerah, sehat, dan bersinar.

Lantas, bagaimana cara memutihkan kulit yang efektif dan terbukti aman? Berikut beberapa tips dan triknya.

1. Minum Air Putih Secara Teratur

Air putih tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga efektif untuk merawat kulit. Minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu melawan garis-garis halus, kerutan, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Karena itu, minumlah setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan lemon ke dalam air mineral untuk hasil yang lebih baik.

2. Hindari Paparan Matahari Langsung

Sinar matahari memang sumber vitamin D alami terbaik. Namun, paparan yang berlebihan malah bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit.

Agar kulit terlindungi dari paparan ultraviolet (UV) matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan minimal 30 SPF. Hal tersebut perlu dilakukan sekalipun Anda di dalam rumah ataupun beraktivitas di bawah cuaca mendung.

3. Pentingnya Eksfoliasi atau Pengelupasan

Hal yang sangat penting dilakukan yaitu eksfoliasi wajah dan seluruh tubuh dengan interval yang teratur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan bantuan garam mandi dan lulur ringan.

Eksfoliasi kulit wajah harus dilakukan sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu. Tujuannya, untuk mengeliminasi lapisan kotoran dan sel-sel kulit mati, yang menjadi penyebab kulit tampak gelap.

4. Menggunakan Virgin Coconut Oil

Cara membuat kulit putih alami yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan virgin coconut oil (VCO). Hal ini terkait kandungan minyak kelapa yang berpotensi sebagai antiradang, antioksidan, dan membantu proses penyembuhan.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Pada beberapa orang, penggunaan minyak tersebut dapat menyebabkan reaksi hipersensitivitas. Kondisi ini khususnya dialami oleh orang yang punya riwayat alergi. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit.

Diet sehat
Diet sehat (pexels.com)

5. Diet Seimbang dan Sehat

Apa yang Anda makan akan mempengaruhi kondisi kulit. Untuk itu, penting untuk menerapkan pola diet yang sehat dan seimbang agar kulit senantiasa sehat.

Hindari konsumsi makanan berminyak, manis, dan pedas secara berlebihan. Lebih baik konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, karotenoid, dan asam lemak omega.

6. Menggunakan Aloe Vera

Kandungan di dalam lidah buaya atau aloe vera dapat membantu menjaga kelembapan kulit, dan membantu proses penyembuhan maupun pertumbuhan sel.

Penggunaan aloe vera secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya terlihat lebih cerah.

7. Menggunakan Pelembap

Jangan sampai luput untuk memperhatikan kelembapan kulit Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengaplikasikan pelembap kulit yang tepat secara berkala agar hidrasinya tetap terjaga. Pelembap kulit paling baik diaplikasikan setelah mandi atau setelah melakukan eksfoliasi.

8. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat merusak organ dalam tubuh, seperti paru-paru. Tindakan tersebut juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Pada orang yang memiliki kebiasaan merokok, kondisi kulitnya cenderung kering, kusam, dan tidak sehat.

 

9. Rutin Olahraga

Cara memutihkan kulit secara alami yang berikutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Bukan hanya mencerahkan kulit, aktivitas positif ini juga terbukti dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Olahraga dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 30 menit. Pilihlah jenis olahraga yang menyenangkan hati, agar Anda dapat melakukannya secara konsisten.

10. Kelola Stres dengan Baik

Kadar stres yang tinggi ternyata dapat menurunkan kesehatan kulit, bahkan membuat tampilannya lebih kusam.

Karena itu, jika Anda ingin tampilan kulit yang lebih cerah, maka cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Caranya bisa dengan bermeditasi, melakukan hobi yang positif, atau curhat dengan orang yang dipercayai.

11. Konsumsi Jus Lemon

Jus lemon mengandung antioksidan dan vitamin C. Keduanya dapat membantu pertumbuhan sel kulit baru. Senyawa tersebut juga dapat mencerahkan kulit.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...