11 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Terbukti dalam Penelitian

Image title
10 September 2021, 11:50
Ilustrasi manfaat kunyit putih
pixabay.com
Ilustrasi serbuk kunyit putih untuk pengobatan

Kunyit putih adalah tanaman dengan batang bawah tanah (rimpang) yang digunakan untuk membuat obat. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Zedoaria atau Amba Haldi. Memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria, kunyit putih merupakan anggota genus Curcuma dan famili Zingiberaceae.

Tanaman kunyit putih berasal dari Bangladesh, Sri Lanka dan India, dan juga dibudidayakan secara luas di Indonesia, Tiongkok, Jepang, Brasil, Nepal, dan Thailand menurut Indian Materia Medica. Hal itu karena, manfaat kunyit putih mulai disadari banyak orang.

Berdasarkan penelitian tahun 2009 dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, kandungan kunyit putih meliputi senyawa kimia seperti kurkuminoid, minyak atsiri, astringensia, flavonoid, sulfur, gum, resin, tepung, dan sedikit lemak.

Selain itu, kunyit putih juga mengandung alkaloid, phenol, saponin, glikosida, steroid, terpenoid, dan kandungan lain yang dinilai dapat digunakan sebagai antimikroba, antifungal, antikanker, antialergi, antioksidan, dan analgesik.

Khasiat kunyit putih telah diteliti dalam sejumlah publikasi. Berikut penjelasan mengenai manfaat kunyit putih untuk kesehatan. 

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat kunyit putih yang pertama, yakni untuk mengatasi masalah pencernaan. Dalam Agro's Dictionary of Medicinal Plants, kunyit putih dapat menyelesaikan masalah pencernaan karena kandungan antimikrobanya. Ini memungkinkan Anda lebih teratur buang air besar, mengatasi gangguan pencernaan, dan mengatasi perut kembung.

Pencernaan yang sehat penting untuk memecah makanan menjadi nutrisi yang digunakan tubuh untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Makanan dan minuman harus diubah menjadi molekul agar dapat diserap dan dibawa ke seluruh tubuh.

Minyak ekstrak kunyit putih bermanfaat mengobati masalah pencernaan seperti kolik, gangguan pencernaan, kejang, kehilangan nafsu makan, serangan cacing, perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan rasa hambar.

2. Membantu mencegah kanker

Kunyit putih bermanfaat dalam pencegahan kanker. Dalam sebuah proyek kolaboratif, para peneliti dari Universitas Assam dan Pusat Nasional Ilmu Sel berbasis di Pune telah membuktikan bahwa manfaat kunyit putih dapat memicu protein caspase, yang menyebabkan kematian sel kanker payudara.

3. Mengobati peradangan

Manfaat kunyit putih lainnya sebagai anti-inflamasi yang membantu mengobati peradangan, luka, dan penyakit kulit lainnya, menurut publikasi dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology. Tanaman ini digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit radang usus (ulcerative colitis).

Kunyit putih juga digunakan untuk melindungi paru-paru pasien asma, dengan membatasi pelepasan mediator inflamasi selama terapi jangka pendek.

4. Meredakan sakit saat menstruasi

Efek analgesik (pereda rasa sakit) dalam kunyit putih bermanfaat meredakan sakit saat menstruasi. Kunyit putih bekerja dengan memblokir sinyal rasa sakit ke otak atau mengganggu interpretasi otak dari sinyal tersebut, sehingga tubuh tidak merasakan sakit.

Selama menstruasi, rahim berkontraksi untuk membantu mengeluarkan lapisan. Zat prostaglandin yang terlibat dalam rasa sakit dan peradangan memicu kontraksi otot rahim sehingga menimbulkan rasa sakit. Konsumsi kunyit putih dapat membantu hal tersebut menurut Agro's Dictionary of Medicinal Plants.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...