20 Manfaat Air Rebusan Cengkeh bagi Kesehatan

Image title
6 Oktober 2021, 17:30
rebusan cengkeh, cengkeh, manfaat cengkeh, obat herbal
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Junaidi (53) menjemur cengkeh di depan Klenteng di kawasan Kota Tua Penagi, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (5/2/2020). Kawasan permukiman tersebut berjarak sekitar satu kilometer dari tempat di observasinya 238 WNI yang di evakuasi dari Wuhan, China terkait merebaknya virus Corona.

Saat kata cengkih atau cengkeh disebut, sebagian besar masyarakat Indonesia langsung membayangkannya sebagai salah satu bumbu dapur. Selain bumbu dapur, cengkeh juga lekat dengan salah satu bahan untuk rokok kretek. Namun ada manfaat lain dari cengkeh, yaitu sebagai suplemen bagi kesehatan badan.

Guna mendapat manfaat cengkeh, Anda bisa mengolahnya menjadi air rebusan. Aroma cengkeh yang khas membuat siapapun langsung mengenali rempah satu ini hanya dengan menciumnya dari jarak jauh. Dalam beberapa tradisi kuliner dan obat herbal, rempah-rempah cengkeh digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat dan aroma kue.

Cengkeh diambil dari kuncup bunga kering beraroma, keluarga pohon Myrtace ini mengandung beragam nutrisi. Dikutip dari situs 99.co, setiap satu sendok teh cengkeh atau setara dua gram memiliki kandungan energi 21 kalori, satu gram karbohidrat dan satu gram serat.

Selain itu, satu sendok teh cengkeh juga mampu memenuhi kebutuhan 300% mangan, 4% vitamin K dan 3% vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Dalam sekuncup cengkeh juga terkandung kalsium, magnesium, dan Vitamin E, meskipun secara jumlah tidak banyak.

Manfaat Air Rebusan Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

1. Penguat Tulang

Dalam cengkeh terdapat ekstrak hidrokarbon yang termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya. Di mana, turunan ekstrak hidrokarbon seperti flavon, isoflavon, dan flavonoid.

Rangkaian ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan mineral tulang, sehingga bisa menguatkan tulang penderita osteoporosis.

2. Penawar Sakit Maag

Sebuah penelitian menemukan, kandungan minyak cengkeh berkhasiat bagi produksi lendir lambung. Kegunaan cengkeh ini bisa berfungsi sebagai penghalang efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

3. Memperkuat Proteksi Diri dari Kanker

Air Rebusan Cengkeh juga diperkaya antioksidan eugenol. Air rebusan ini bermanfaat melawan radikal bebal dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker.

Selain itu, vitamin C pada rebusan cengkeh bisa menjadi antioksidan yang membantu menetralisir lebih baik, dibandingkan vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

4. Membasmi Bakteri Berbahaya

Manfaat air rebusan cengkeh selanjutnya yaitu, bisa membunuh bakteri berbahaya. Cengkeh memiliki sifat antimikroba yang bisa membantu menghentikan pertumbuhan mikro-organisme berbahaya. Seperti, bakteri yang menyebabkan kram, kelelahan, dan diare.

5. Penyegar Nafas

Salah satu manfaat cengkeh adalah penyegar aroma dan menjaga kesehatan mulut. Hal itu disebabkan sifat antibakteri pada cengkeh yang mampu mengekang pertumbuhan bakteri terhadap penyakit gusi. Bagi Anda yang sedang berpuasa, bisa mencoba ramuan ini untuk menghilangkan aroma tak sedap.

6. Menjadi Multivitamin bagi Penderita Diabetes

Air rebusan cengkeh juga bisa mengatur kadar gula dalam darah, karena dalam setiap bunga cengkeh terkandung senyawa yang disebut nigericin.

Senyawa ini membantu pengaturan kadar gula darah pada penderita diabetes. Nigericin juga dipercaya dapat meningkatkan kapasitas sel untuk menyerap gula dari darah, kemudian meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan insulin.

7. Meningkatkan Vitalitas Pria

Bagi para pria yang sedang mengalami gangguan ejakulasi dini, rebusan air cengkeh bisa menjadi penawar dari penyakit tersebut. Sebuah penelitian mencatat air rebusan mampu menguatkan kejantanan pria, selain itu krim yang mengandung sari pati cengkeh juga bisa membantu mencegah terjadinya ejakulasi dini.

8. Mengobati Nyeri Tenggorokan

Tidak hanya meredakan batuk berdahak dan anti bakteri, cengkeh juga efektif untuk mengatasi nyeri tenggorokan. Manfaat air rebusan cengkeh satu ini bisa membantu menghilangkan sensasi gatal saat radang tenggorokan melanda.

9. Sebagai Antiseptik Alami

Sifat antiseptik yang ada pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk mencegah infeksi. Oleskan minyak cengkeh pada infeksi jamur, area tubuh yang memar atau luka. Agar tidak memicu iritasi, kamu bisa mencampurkannya dengan air.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...