Memahami Pengertian Sosiologi, Fungsi dan Ciri-cirinya

Image title
17 Desember 2021, 23:50
Sosiologi merupakan ilmu sosial, yang mempelajari kehidupan sosial manusia.
Pixabay/congerdesign
Sosiologi merupakan ilmu sosial, yang mempelajari kehidupan sosial manusia.

Manusia sebagai makhluk sosial, tentu tak bisa lepas dari sosiologi. Pengertian sosiologi menurut bahasa adalah ilmu tentang sifat, perilaku dan perkembangan masyarakat. Tak hanya itu saja, sosiologi juga meliputi ilmu tentang struktur dan proses sosial serta perubahannya.

Lebih luas lagi, dalam sosiologi terdapat objek kajian sosiologi, fungsi sosiologi, ciri-ciri sosiologi dan tentunya berbagai teori sosiologi. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh mengenai sosiologi, berikut pengertian sosiologi dari berbagai sudut pandang para ahli.

Advertisement

Pengertian Sosiologi

Hingga saat ini sudah banyak ahli sosiologi yang mengemukakan pendapatnya terkait pengertian sosiologi. Salah satunya sosiolog asal Rusia, Pitrim Alexandrovich Sorokin. Menurut dia, sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari hubungan, dan kaitannya dengan berbagai fenomena sosial.

Dari Sorokin, Anda bisa mengetahui contoh fungsi sosiologi pada hubungan ekonomi dan agama. Sorokin juga memiliki pandangan terhadap teori sosiologi, di mana terdapat tiga teori penting dalam sosiologi yaitu diferensiasi sosial, stratifikasi sosial dan konflik sosial. 

Pengertian sosiologi berikutnya datang dari Maximilian Karl Emil Weber, atau lebih dikenal dengan nama Max Weber. Sosiologi menurut Max Weber adalah ilmu yang mencoba pemahaman interpretatif terhadap aksi atau tindakan sosial, untuk mendapatkan penjelasan kausal atau sebab akibat.

Ahli sosiologi asal Prancis, David Emile Durkheim memiliki pengertian sosiologi sendiri. Ia beranggapan bahwa sosiologi adalah ilmu yang bertujuan untuk memahami struktur sosial. Durkheim, bersama dengan Max Weber dan Karl Max dianggap sebagai orang yang memberikan pemahaman tentang sosiologi secara akademis.

Setelah memahami pengertian sosiologi dari beberapa ahli di atas, bisa dipahami bahwa objek kajian sosiologi adalah manusia itu sendiri. Sementara itu, sosiologi berusaha memahami bagaimana peran manusia sebagai makhluk sosial.

Fungsi Sosiologi

Setelah memahami pengertian sosiologi dan apa objek kajian sosiologi, berikutnya Anda akan membedah fungsi sosiologi. Melansir dari eModul Kemdikbud berjudul Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat, ada beberapa fungsi sosiologi.

  • Penelitian

Fungsi sosiologi yang pertama adalah penelitian. Dengan penelitian, diharapkan bisa memperoleh rencana penyelesaian masalah sosial dengan baik.

  • Pembangunan

Selain penelitian, fungsi sosiologi yang berikutnya adalah pembangunan. Sosiologi berfungsi untuk memberikan data sosial yang diperlukan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian dalam suatu pembangunan.

Lebih lanjut, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam setiap tahapan tersebut. Pada tahap perencanaan, Anda harus memperhatikan kebutuhan sosial. Lalu pada tahap pelaksanaan, kekuatan sosial masyarakat dan proses perubahan sosial haruslah diperhatikan. 

  • Perencanaan Sosial

Seperti telah disebutkan pada poin sebelumnya, salah satu fungsi sosiologi adalah perencanaan sosial. Perencanaan sosial sendiri, merupakan upaya untuk menyiapkan masa depan sosial di masyarakat. Tujuan dari perencanaan sosial adalah mengatasi munculnya berbagai masalah yang ada dan terjadi dalam masyarakat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement