8 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Secara Aman

Image title
6 Januari 2022, 15:10
Ilustrasi cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.
Unsplash/Garrett Jackson
Ilustrasi bayi laki-laki

Ada banyak hal yang bisa mengganggu tidur si kecil saat masih bayi. Misalnya yaitu hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat cukup beragam seperti karena flu, pilek, alergi, dan sebagainya.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi harus dilakukan secara hati-hati. Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena hidung bayi masih sangat sensitif.

Hidung tersumbat sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun khusus pada bayi, kondisi ini akan sangat mengganggu proses tidurnya. Untuk itu, para orang tua harus memahami betul cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Jika Anda penasaran dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, simak artikel ini hingga tuntas.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dengan Aman

Ilustrasi perlengkapan bedung bayi
Ilustrasi perlengkapan bedung bayi (Kelly Sikkema)

 

1. Membersihkan Hidung Anak

Dilansir dari situs Halodoc.com, saat si kecil sedang mengalami pilek atau flu umumnya akan ada ingus di dalam hidungnya. Jika dibiarkan maka si kecil bisa saja mengalami hidung tersumbat.

Untuk mengatasi hal tersebut disarankan agar Anda secara rutin membersihkan hidung anak Anda dengan menggunakan cotton bud yang sebelumnya sudah dibasahi dengan air hangat. Anda harus melakukannya secara hati-hati.

Dengan membersihkan hidung si kecil secara rutin saat ia mengalami pilek, risiko terjadinya hidung tersumbat bisa diminimalisir. Metode ini pun bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang cukup efektif.

2. Terapi Uap

Salah satu cara cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikutnya yang bisa Anda coba yaitu melakukan terapi uap. Uap air hangat dianggap bisa mengencerkan lendir di dalam hidung dan mengalirkannya ke luar. Selain itu, uap juga membantu membuka saluran pernapasan yang tersumbat.

Mengutip dari laman Klikdokter.com, terapi uap yang bisa dilakukan dengan membawa si kecil ke kamar mandi. Kemudian Anda harus membuka keran air panas (jika ada), atau menyiapkan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu tutup pintu kamar mandi dan biarkan terapi tersebut berjalan selama beberapa menit.

Selain uap air hangat, Anda bisa memakai diffuser yang sebelumnya sudah diberikan tetesan essential oil. Cara ini cukup efektif untuk melegakan napas anak Anda yang sedang mengalami hidung tersumbat.

3. Menjaga Kualitas Udara

Menurut artikel yang dimuat di situs Hellosehat.com, udara kotor seperti asap rokok dapat menimbulkan peradangan pada jaringan hidung serta memicu terjadinya peningkatan produksi lendir. Dengan begitu, saat kondisi semacam ini akan memperparah hidung tersumbat yang sedang dialami oleh anak Anda.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...