6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Tanpa Obat Khusus

Hidung tersumbat pada anak tentu akan menggangu aktivitas anak. Jika demikian, anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada anak seperti berikut ini.
Image title
29 Juli 2021, 14:04
6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Tanpa Obat Khusus
pixabay.com
Ilustrasi anak-anak yang mengalami hidung tersumbat

Hidung tersumbat merupakan ganggaun pernapasan yang bisa menimpa siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Jika anak mengalami hidung tersumbat tentu saja akan membuat aktivitas anak menjadi terganggu. Ketika hidung anak tersumbat, pasti orang tua akan panik dan banyak juga yang bingung bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan hidung yang tersumbat pada anak-anak. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Apa Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak?

Hidung tersumbat pada anak ada beberapa penyebabnya seperti batuk dan pilek flu, sinusitis, dan alergi. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Batuk dan pilek

Penyakit ini memang sudah umum dan sering terjadi di anak-anak. Namun sebagai orang tua, Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit ini. Biasanya batuk dan pilek disebabkan adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan anak dan menyebabkan peradangan. Batuk dan pilek  juga bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Jika sudah demikian, aktivitas anak akan terganggu.

2. Influenza

Flu atau influenza bisa menjadi salah satu pemicu hidung menjadi tersumbat. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza. Jika anak flu biasanya akan diikuti dengan sakit lainnya seperti demam atau sesak napas.

Advertisement

3. Sinusistis

Penyakit ini biasanya disebabkan batuk dan pilek yang tak kunjung sembuh. Selain menyebabkan batuk dan pilek sinusitis juga bisa menyebabkan hidung tersumbat karena adanya pembengkakan di area rongga hidung.

4. Alergi

Terkadang ada anak yang memiliki alergi bawaan salah satunya alergi dingin. Tak jarang alergi tersebut menjadi salah satu pemicu hidung tersumbat karena produksi lendir di hitung sangat banyak.

Cara Mengatasi Mampet Sebelah Pada Anak

1. Memanfaatkan uap air hangat

Cara mengatasi hidup tersumbat pada anak yang pertama yakni dengan memanfaatkan uap air hangat yang dipercaya bisa membuka saluran pernapasan dan membuat ingus menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan. Uap air hangat bisa diberikan dengan cara mengajak anak ke kamar mandi dan berikan nyalakan kran dan biarkan air panas tertampung di bak kemudian bairkan ruangan tersebut beasap sampai beberapa menit.

2. Menggunakan humidifier atau vaporizer pada ruangan

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya bisa dengan memasang humidifier atau valoprizer pada ruangan yang digunakan oleh anak-anak. Menjaga kelembaban udara adalah salah satu upaya untuk menghindari hidung tersumbat. Humidifier dan vaporizer merupakan alat yang bisa digunakan untuk menjaga kelembaban di ruangan. Alat ini juga bisa membantu untuk mengeluarkan lendir yang ada di hidung. Namun alat ini harus sering dibersihkan untuk mencegar pertumbuhan jamur.  

3. Berjemur di pagi hari

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat pada anak yakni dengan rutin berjemur di pagi hari. Sudah bukan rahasia lagi jika berjemur di pagi hari memang baik untuk kesehatan. Sinar matahari pagi dipercaya bisa meningkat daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh terjaga maka risiko flu atau penyakit penyebab hidung tersumbat bisa dimininalisir. Berjemur tidak perlu terlalu lama, 15 menit juga cukup. Saat berjemur, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru bersama anak Anda seperti berkebun atau menyiram tanaman bersama.

4. Menepuk punggung anak dengan lembut

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak tanpa perlu menggunakan obat berikutnya yakni dengan menepuk punggung anak secara perlahan. Cara ini dipercaya bisa membantu si kecil mengeluarkan lendir yang ada di hidungnya. Posisikan anak Anda dalam keadaan tengkurap, kemudian secara  perlahan Anda tepuk-tepuk punggungnya dengan lembut.

5. Mengatur posisi tidur anak

Posisi tidur juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung yang mampet. Ternyata tidur dengan posisi terlentang saat anak sedang mampet hidungnya bisa membuat gangguan pernapasan tersebut semakin parah. Untuk itu, Anda bisa mengatur posisi tidur anak dengan cara meletakkan bantal lebih di kepala agar posisi tidur anak bisa sedikit tegak. Cara tidur seperti ini akan membuat anak menjadi lebih nyaman saat hidungnya sedang tersumbat.

6. Menambah waktu istirahat

Ketika sedang sakit, tubuh memang membutuhkan waktu lebih untuk istirahat. Hal ini juga berlaku saat anak Anda sedang mengalami hidung tersumbat. Dengan istirahat yang cukup, daya tahan tubuh bisa lebih meningkat. Ketika daya tahan tubuh meningkat, gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat bisa sembuh dengan sendirinya.

Demikian penjelasan mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Jika cara-cara tersebut sudah dilakukan, tapi hidung tersumbat pada anak tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda memeriksakan kondisi tersebut ke dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Selain mendapatkan penanganan dan obat yang tepat, dengan periksa ke dokter, Anda juga bisa mengetahui penyebab pasti dari gangguan pernapasan pada anak Anda.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait