6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak Tanpa Obat Khusus

Siti Nur Aeni
29 Juli 2021, 14:04
6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak Tanpa Obat Khusus
pixabay.com
Ilustrasi anak-anak yang mengalami hidung tersumbat

Hidung tersumbat merupakan ganggaun pernapasan yang bisa menimpa siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Jika anak mengalami hidung tersumbat tentu saja akan membuat aktivitas anak menjadi terganggu. Ketika hidung anak tersumbat, pasti orang tua akan panik dan banyak juga yang bingung bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat pada anak. Padahal ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk meredakan hidung yang tersumbat pada anak-anak. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Apa Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak?

Hidung tersumbat pada anak ada beberapa penyebabnya seperti batuk dan pilek flu, sinusitis, dan alergi. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Batuk dan pilek

Penyakit ini memang sudah umum dan sering terjadi di anak-anak. Namun sebagai orang tua, Anda tidak boleh menganggap remeh penyakit ini. Biasanya batuk dan pilek disebabkan adanya benda asing yang masuk ke saluran pernapasan anak dan menyebabkan peradangan. Batuk dan pilek  juga bisa menyebabkan hidung menjadi tersumbat. Jika sudah demikian, aktivitas anak akan terganggu.

2. Influenza

Flu atau influenza bisa menjadi salah satu pemicu hidung menjadi tersumbat. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza. Jika anak flu biasanya akan diikuti dengan sakit lainnya seperti demam atau sesak napas.

3. Sinusistis

Penyakit ini biasanya disebabkan batuk dan pilek yang tak kunjung sembuh. Selain menyebabkan batuk dan pilek sinusitis juga bisa menyebabkan hidung tersumbat karena adanya pembengkakan di area rongga hidung.

4. Alergi

Terkadang ada anak yang memiliki alergi bawaan salah satunya alergi dingin. Tak jarang alergi tersebut menjadi salah satu pemicu hidung tersumbat karena produksi lendir di hitung sangat banyak.

Cara Mengatasi Mampet Sebelah Pada Anak

1. Memanfaatkan uap air hangat

Cara mengatasi hidup tersumbat pada anak yang pertama yakni dengan memanfaatkan uap air hangat yang dipercaya bisa membuka saluran pernapasan dan membuat ingus menjadi encer sehingga mudah dikeluarkan. Uap air hangat bisa diberikan dengan cara mengajak anak ke kamar mandi dan berikan nyalakan kran dan biarkan air panas tertampung di bak kemudian bairkan ruangan tersebut beasap sampai beberapa menit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...