Gaya Hidup Boros Ini Bakal Memberi Dampak Negatif

Siti Nur Aeni
18 Februari 2022, 18:02
Contoh Gaya Hidup Boros dan Dampak Negatif yang Ditimbulkan
cottonbro/pexels
Ilustrasi seorang wanita sedang berbelanja

Saat memiliki uang, mungkin tanpa disadari kita sering melakukan gaya hidup boros. Gaya hidup seperti itu harus segera diubah. Pasalnya, kebiasaan boros dapat menyebabkan banyak dampak negatif untuk diri sendiri maupun orang lain.

Lantas, apa sajakah kebiasaan yang termasuk gaya hidup boros? Berikut penjelasan lengkapnya.

Contoh Gaya Hidup Boros

1. Membeli minuman kekinian

Saat ini banyak minuman kekinian yang dijual di berbagai tempat. Minuman kekinian biasanya hadir dengan berbagai inovasi produk yang unik dan berbeda satu dengan lainnya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen.

Namun, tanpa disadari kebiasaan membeli minuman kekinian bisa menyebabkan keuangan berantakan. Walaupun saat ini minuman kekinian sudah cukup terjangkau, namun jika dibeli setiap hari juga termasuk dalam kategori pemborosan.

2. Menggunakan transportasi online

Menggunakan transportasi online ternyata bisa menjadi gaya hidup boros yang tidak disadari. Walaupun banyak transportasi online yang memberikan promo, namun jika menggunakan transportasi ini setiap hari bisa menyebabkan pemborosan.

Solusi untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan moda transportasi umum yang lebih ramah kantong. Atau jika memang jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, alangkah baiknya jika berjalan kaki saja.

3. Sering membeli makan di luar

Makan menjadi kebutuhan primer setiap manusia. Dalam urusan keuangan, budget makan per hari pasti sudah ditentukan. Namun siapa sangka jika membeli makan ternyata bisa menyebabkan pemborosan, terlebih jika membeli makanannya lewat ojek online.

Membeli makan di luar ternyata termasuk gaya hidup boros. Sebab harga makanan di tempat makan lebih mahal, jika dibandingkan dengan memasak makanan sendiri di rumah. Maka dari itu, jika ingin berhemat solusinya yaitu memasak sendiri dan membawa bekal saat bekerja, kuliah, atau sekolah.

4. Membeli barang saat promo

Setiap bulan, e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan beberapa marketplace lain pasti memberikan promo kepada penggunanya. Walaupun mendapatkan harga promo, namun jika kebiasaan belanja tidak dikontrol maka dapat menyebabkan pemborosan. Oleh sebab kita, kita perlu membuat rencana belanja bulanan, termasuk belanja di toko online.

5. Menggunakan kartu kredit

Gaya hidup boros yang sering tidak disadari yaitu menggunakan kartu kredit setiap transaksi. kartu kredit memang membuat transaksi lebih mudah dan cepat. Namun, jika tidak dibatasi penggunaan kartu kredit dapat membuat keuangan membengkak.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...