8 Makanan Khas Australia, dari Pavlova Sampai Biskuit Anzac

Image title
24 Maret 2022, 15:11
Ilustrasi, Pavlova, makanan khas Australia.
cookidoo.international
Ilustrasi, Pavlova, makanan khas Australia.

Menjajal kuliner merupakan bagian dari tujuan berwisata yang sayang jika dilewatkan, tak terkecuali kalau berkunjung ke Australia. Benua yang letaknya berdekatan dengan Indonesia ini memiliki banyak pilihan makanan khas yang siap menyambut lidah para wisatawan.

Sekilas tentang Australia

Aborigin menjadi penduduk asli benua ini. Aborigin bukanlah kelompok homogen, melainkan berbagai kelompok yang membentuk budaya di benua Australia. Sebelum bangsa Eropa atau orang kulit putih datang ke Australia, negara ini memiliki penduduk asli. Penduduk asli suku Australia adalah suku Aborigin.

Suku Aborigin tinggal di benua Australia selama kurang lebih 50.000 tahun. Sebanyak 250 bahasa dan 600 dialek berbeda dipakai suku Aborigin yang tersebar di seluruh Australia. Terdapat dua kelompok, yaitu suku Aborigin yang mendiami Australia, setelah Inggris menjajah pulau tersebut tahun 1788.

Sementara kelompok kedua adalah penduduk di kepulauan Selat Torres. Penduduk ini juga tinggal Queensland, negara bagian Australia dan Papua Nugini. Mereka berasal dari Melanesia, yang memiliki budaya berbeda dari Aborigin di benua utama.

Makanan Khas Australia

Menersukan catatan skycanner.com, chefpencil.com dan sumber terkait lainnya, berikut makanan khas Australia yang layak dicoba.

1. Chicken Parmigiana

Hidangan ayam ini cukup populer dan digemari penduduk lokal. Tak jarang sejumlah restoran dan rumah makan lainnya turut mecantumkan chicken parmigiana dalam buku menu mereka.

Parmigiana awalnya dibuat dengan terong tetapi berkembang menjadi hidangan ayam yang dilapisi tepung roti yang lezat. Hidang klasik Italia ini terdiri dari schnitzel ayam dengan saus tomat dan keju leleh yang biasanya disajikan dengan keripik dan salad.

2. Pavlova

Terlepas dari persaingan kepemilikian antara Australia dan Selandia Baru, dalam suatu pesta Natal, ulang tahun, atau musim panas di Australia, akan selalu ada pavlova yang menggoda untuk disantap.

Terbuat dari meringue atau kue busa renyah dengan bagian tengah yang lembut, krim kocok, dan tumpukan buah segar, tidak heran penganan yang satu ini jadi makanan penutup nasional Australia.

3. Lamington

Lamington
Lamington, makanan khas Australia (taste.com.au)

Kue manis ini telah diakui secara luas sebagai Kue Nasional Australia setelah National Trust of Queensland memiliki camilan ini sebagai ikon Australia dan dinamai sesuai nama Lord Lamington, mantan Gubernur Queensland.

Kue ini diyakini dibuat secara tidak sengaja oleh Lord Lamington. Saat itu, pelayannya tak sengaja menjatuhkan kue favoritnya ke dalam cokelat leleh. Untuk menghindari kekacauan saat memakannya, Lord Lamington menyarankan agar kue ini ditaburi dengan kelapa.

Lamington sebenarnya adalah kue bolu yang dicelupkan ke dalam cokelat, kemudian ditaburi dengan kelapa kering halus. Kue ini memiliki variasi beragam, yakni double chocolat lamingtons dan jam and cream lamingtons.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...