10 Jenis Minyak Goreng yang Bagus untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
7 April 2022, 17:51
Ilustrasi, minyak zaitun sebagai salah satu minyak goreng yang bagus untuk kesehatan.
pixabay.com
Ilustrasi, minyak zaitun sebagai salah satu minyak goreng yang bagus untuk kesehatan.

Minyak goreng termasuk bahan penting untuk memasak makanan. Ada berbagai jenis minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng makanan. Semakin bagus kualitas minyak goreng maka semakin baik untuk kesehatan tubuh.

Umumnya, kandungan dalam minyak goreng adalah lemak jenuh dan tidak jenuh. Minyak jenis tertentu mengalami proses pemurnian, sehingga kadar lemak tidak jenuh lebih tinggi.

Advertisement

Minyak goreng yang tergolong sehat, yang mengandung kadar lemak tidak jenuh tinggi, dapat menjaga kesehatan tubuh terutama jantung. Pasalnya, kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam tubuh dapat memicu kolesterol dan penyakit jantung. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memilih jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan.

Minyak Goreng yang Bagus untuk Kesehatan

Minyak goreng mengandung lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak membantu tubuh kenyang lebih lama dan mendukung berat badan ideal. Lemak cair seperti minyak memiliki nutrisi yang baik jika dikonsumsi dengan benar.

Berikut ini beberapa jenis minyak goreng yang baik untuk kesehatan:

1. Minyak Zaitun

Minyak goreng paling sehat adalah minyak zaitun. Jenis minyak ini mengandung antioksidan dan asam lemak tidak jenuh tunggal. Memakai minyak zaitun untuk menggoreng makanan dapat mengurangi resiko penyakit stroke dan kardiovaskular.

2. Minyak Alpukat

Buah alpukat bisa diolah menjadi jenis minyak yang baik untuk kesehatan. Tingkat asam lemak tak jenuh tunggal banyak dalam minyak ini.

3. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami umumnya dipakai untuk salad sayuran. Kandungan omega-3 dalam minyak cocok untuk anda yang menjalani diet. Minyak biji rami membantu mencegah kolesterol dan menjaga tekanan darah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement