9 Oleh Oleh Khas Sukabumi yang Bisa Dibeli saat Mudik

Siti Nur Aeni
28 April 2022, 09:32
Ilustrasi kue mochi salah satu oleh oleh khas Sukabumi
pexels.com
Ilustrasi kue mochi salah satu oleh oleh khas Sukabumi

Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa merupakan jalan alternatif non tol yang biasanya dipakai pemudik dari Jakarta ke Jawa Tengah. Jalur ini dimulai dari Banten dan melintasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Tengah.

Bagi Anda yang melalui jalur Pansela, maka Anda akan disuguhi pemandangan indah di sekitar Sukabumi. Anda juga bisa mampir ke wisata Sukabumi sejenak untuk sekadar melepas lelah. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh oleh khas Sukabumi untuk sanak keluarga di rumah.

Oleh-oleh Khas Sukabumi yang Terkenal

Di Sukabumi terdapat makanan khas yang sering menjadi oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Makanan khas tersebut memiliki cita rasa yang enak dan unik. Apa sajakah makanan khas Sukabumi yang sering menjadi oleh-oleh? Berikut daftar referensinya.

1. Kue Mochi Lampion

Mochi menjadi salah satu kue yang banyak dijajakan di sekitar Sukabumi. Walaupun bukan asli Sukabumi, namun makanan ini sering dibeli sebagai buah tangan khas Sukabumi. Kue mochi memiliki tekstur lembut dan kenyal.

Kue Mochi Lampion ini sangat melegenda karena telah diproduksi sejak tahun 1983. Jika ingin membelinya, Anda bisa mengunjungi pusat oleh-oleh di sekitar Sukabumi.

2. Roti Priangan

Oleh oleh khas Sukabumi lainnya yang cukup diminati yaitu Roti Priangan. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan nikmati karena dibuat dari adonan khusus. Jika Anda tertarik mencicipi makanan ini, silakan datang ke Toko Roti Oey Tjiang Lie yang melegenda.

3. Bandros Mang Ata

Bandros Mang Ata menjadi kuliner asal Sukabumi yang banyak diminati. Makanan ini memiliki rasa yang lezat sehingga disukai masyarakat sekitar dan sering dibeli sebagai oleh-oleh. Makanan ini juga sangat cocok menjadi teman minum teh di malam hari.

Anda bisa menjumpai penjual Bandors Mang Ata di sekitar Jalan Gedung No. 4 Sukabumi. Penjual makanan ini sudah mulai berjualan dari pukut 20.30 WIB hingga 06.00 WIB. Maka dari itu, kue ini sering menjadi kudapan malam hari sembari menikmati suasana malam di Sukabumi.

4. Cokelat Unai Choco

Jika melewati Sukabumi saat mudik, jangan lupa mampir untuk membeli Cokelat Unai Choco. Makanan manis ini dibuat dengan teknik khusus, dengan bahan baku terbaik yaitu 100% cokelat asli. Rasa yang ditawarkan juga cukup beragam, sehingga Anda bisa memilih rasa sesuai selera.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...