9 Oleh Oleh Khas Batam Ini Bisa Anda Beli saat Mudik ke Batam

Siti Nur Aeni
27 April 2022, 17:30
Cokelat Rocklate salah satu oleh oleh khas Batam yang populer
instagram.com/coklatrocklate/
Cokelat Rocklate salah satu oleh oleh khas Batam yang populer

Batam merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau. Batam memiliki letak geografis yang strategis karena berada di jalur pelayaran internasional. Selain itu, letak Batam juga dekat dengan Singapura dan Malaysia.

Sama seperti kota lain, di musim mudik Lebaran banyak masyarakat Batam kembali ke kampung halaman. Jika Anda mudik ke Batam, Anda bisa menyempatkan untuk membeli oleh oleh khas Batam yang bisa dibawa saat kembali ke tempat perantauan. Adapun oleh-oleh khas Batam yang bisa Anda beli, sebagai berikut.

Makanan yang Cocok Menjadi Oleh-oleh Khas Batam

1. Cokelat Rocklate

Cokelat Rocklate merupakan oleh-oleh khas Batam kekinian yang banyak dicari. Olahan cokelat ini berbeda dengan cokelat lain. Pasalnya, Cokleat Rocklate terbuat dari cokelat yang dikombinasikan dengan marshmallow. Perpaduan kedunya sukses memberikan sensasi lembut dan lumer dalam setiap gigitannya.

Selain itu, Rocklate juga tersedia berbagai varian rasa seperti Crunchy Greentea Chocolate, Crunchy Mocha Chocolate, Crunchy Milk Choco Chip, dan varian lain. Harga cokelat ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp26.000 – Rp65.000. Oleh-oleh ini juga mudah dijumpai karena banyak toko oleh-oleh yang menjualnya.

2. Bingka Bakar Nayadam

Bingka Bakar Nayadam juga termasuk oleh oleh khas Batam yang sering dibeli pemudik. Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan Bika Ambon, oleh oleh khas Medan. Namun Bingka Bakar memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan Bika Ambon.

Bingka Bakar Nayadam memiliki aroma khas dan rasa yang enak karena terbuat dari bahan-bahan seperti; santan, tepung terigu, telur, dan gula. Selain itu, bingka bakar ini juga memiliki beragam pilihan rasa seperti wijen, cokelat, dan aneka buah.

Khusus untuk rasa buah, Anda tidak bisa membelinya setiap saat. Pasalnya, varian ini biasanya hanya muncul di musim tertentu. Makanan khas ini dijual dengan harga yang terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp20.000.

3. Kek Pisang Villa

Makanan lain yang juga sering menjadi oleh oleh khas Batam yaitu Kek Pisang Villa. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari pisang. Sementara itu nama “villa” diambil dari nama daerah pertama yang menjual kue ini.

Camilan ini mulai dikenal luas pada tahun 2006. Sama seperti kue lainnya, Kek Pisang Villa juga memiliki varian rasa mulai dari Kek Pisang Coconut, Kek Pisang Blueberry, hingga brownies pisang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...