Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dengan Mudah dan Aman

Siti Nur Aeni
8 Juni 2022, 12:30
cara mencairkan tabungan emas Pegadaian
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi, emas keluaran PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Tabungan emas menjadi pilihan investasi yang menjanjikan. Salah satu tempat menabung emas yang terpercaya yaitu Pegadaian. Akan tetapi, bagaiman cara mencairkan tabungan emas Pegadaian? Untuk mendaptkan jawabannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Tabungan Emas Antam di Pegadaian

Sebelum mempelajari cara mencairkan tabungan emas Pegadaian, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu pentingnya tabungan emas Antam. Berdasarkan penjelasan di sahabatpegadaian.com, berikut sejumlah alasan pentingnya menabung emas di Pegadaian.

1. Harga Emas Relatif Stabil

Tabungan emas Pegadaian memiliki harga yang realtif stabil. Dalam beberapa tahun terakhir, harga emas secara umum juga terus mengalami kenaikan. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya menabung emas dibandingkan menabung uang atau instrumen keuangan lainnya yang nilainya cukup fluktuatif.

2. Terjamin Keamananya

Pegadaian merupakan salah satu perusahaan milik negara atau BUMN yang sudah berdiri sejak tahun 1901. Statusnya sebagai BUMN membuat perusahaan ini terjamin legalitasnya. Jadi, saat Anda menabung emas di Pegadaian, sudah terjamin keamanannya.

3. Cara Membeli Mudah

Pentingnya tabungan emas di Pegadaian selanjutnya yaitu cara pembelian mudah. Pegadaian memberikan pilihan pembelian emas secara online dan offline. Untuk membelian online, Anda bisa membeli lewat aplikasi Pegadaian Digital.

Sementara itu, untuk pembelian offline bisa langsung mendatangani outlet Pegadaian terdekat. Tak hanya pembeliannya yang mudah, Anda juga bisa mengisi saldo tabungan dengan mudah melalui aplikasi Pegadaian Digital, ATM, atau outlet Pegadaian.

Untuk bisa membeli emas di Pegadaian, Anda harus terlebih dahulu rekening tabungan emas. Berdasarkan penjelasan di situs resmi Pegadaian, berikut ini beberapa langsung membuat tabungan emas Pegadaian secara online dan offline.

Membuka Tabungan Emas Antam Offline

  • Isi formulir pengajuaan dan membawa kartu identitas.
  • Membayar biaya administrasi Rp10.000, pengelolaan rekening Rp30.000, dan materai.
  • Membeli emas mulai dari 0,01 gram.
  • Menandatangani buku rekening.

Membuka Tabungan Emas Antam Online

  • Download aplikasi Pengadilan Digital di ponsel yang Anda miliki.
  • Lakukan registrasi.
  • Kemudian pilih menu tabungan emas.
  • Isi data diri dan pilih cabang lokasi pembukaan rekening.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Selesaikan pembayaran sesuai dengan petunjukan.
  • Jika rekening sudah aktif, maka Anda bisa mengambil buku tabungan di cabang yang sudah dipilih saat pendaftaran.

Setelah rekening dimiliki, maka Anda bisa menabung emas setiap bulannya atau sesuai dengan keinginan. Cara top up-nya cukup mudah, bisa lewat outlet Pegadaian, ATM, aplikasi Pegadaian Digital, atau Agen Pegadaian. Untuk transaksi menabung tersebut bisa dimulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari per CIF.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...