6 Manfaat Investasi Emas, Menguntungkan untuk Masa Depan

Emas menjadi salah satu instrumen investasi favorit banyak orang. Adapun manfaat investasi emas yang bisa Anda rasakan sebagai berikut.
Image title
23 Maret 2022, 11:12
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Emas telah lama dikenal sebagai salah satu instrumen investasi pilihan. Ada banyak manfaat investasi emas yang menarik perhatian banyak orang.
KATADATA/Agung Samosir
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Emas telah lama dikenal sebagai salah satu instrumen investasi pilihan. Ada banyak manfaat investasi emas yang menarik perhatian banyak orang.

Investasi emas merupakan bentuk investasi yang sederhana. Pasalnya siapa saja bisa berinvestasi menggunakan emas. Tak hanya itu, manfaat investasi emas juga diketahui cukup menguntungkan, sehingga banyak orang tertarik untuk berinvestasi di logam mulia ini.

Alasan Investasi Emas

Emas merupakan logam mulai dengan karakteristik yang stabil, tidak berubah zat, tidak beroksidasi di udara normal, dan mengandung unsur murni. Emas biasanya digunakan sebagai koleksi atau investasi.

Berdasarkan penjelasan di Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, berikut beberapa alasan yang menjadikan emas sebagai instrumen investasi favorit:

1. Aman

Dari segi keamanan, emas dinilai sangat aman untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Jika kita memiliki uang dan hanya disimpan ditabungan, maka uang tersebut bisa perlahan menghilang. Hal tersebut dikarenakan adanya biaya administrasi, pajak, suku bunga, dan biaya lain-lain. Sedangkan, jika kita menggunakan uang untuk investasi emas, maka nilainya cenderung stabil bahkan berpotensi terjadi pertambahan nilai.  

Advertisement

2. Terlindungi

Inflasi dan deflasi merupakan masalah klasik yang sudah ada sejak dahulu kala. Dua kondisi ini bisa membuat nilai aset menurun. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan berinvestasi pada instrumen investasi, salah satunya emas.

3. Mudah Dicarikan

Likuiditas yang tinggi menjadi salah satu alasan banyak orang berminat investasi emas. Instrumen investasi lainnya bisanya memerlukan waktu lebih dari satu hari saat hendak dicairkan. Berbeda dengan emas yang lebih mudah dicairkan karena toko emas cukup mudah dijumpai. Tak hanya itu, nilai emas juga mengikuti pasar internasional yang terus menguat.

4. Menguntungkan

Harga emas yang stabil bahkan cenderung meningkat, membuat banyak orang lebih memilih investasi emas dibandingkan instrumen investasi lain. Emas juga diketahui sangat cocok untuk disimpan dalam jangka menengah atau panjang.

5. Risiko Rendah

Alasan investasi emas lainnya yaitu karena risikonya rendah. Emas diketahui tidak memiliki nilai penyusutan. Nilai emas untuk jangka pendek memang berfluktuasi, namun untuk jangka panjang nilainya cenderung meningkat.

Risiko terburuk dari investasi emas yaitu hilang saat penympanan. Namun jika dilihat dari harganya, investasi di emas memiliki risiko yang rendah.

Manfaat Investasi Emas

Sebagai salah satu instrumen investasi favorit, banyak manfaat yang akan didapatkan jika Anda berinvestasi emas. Mengutip dari pluang.com dan icdx.co.id, berikut beberapa manfaat emas sebagai instrumen investasi.

1. Melindungi Investor dari Inflasi

Inflasi menjadi salah satu hal yang membuat aset mengalami penurunan nilai. Namun, saat Anda berinvestasi emas atau aset aman lainnya, maka instrumen investasi tersebut akan melindungi Anda dari inflasi.

Sebagai aset investasi, emas lebih unggul dibandingkan mata uang apapun. Emas menjanjikan terjaganya nilai investasi jangka pendek. Sejak tahun 1900, emas sudah menjadi penyimpan nilai jangka panjang terbaik. Harganya memang berfluktuasi, namun nilainya stabil. Maka dari itu, emas sangat ideal untuk investasi jangka panjang dan melindungi investor dari ancaman inflasi.

2. Harganya Stabil

Manfaat emas dalam bidang investasi lainnya yaitu memiliki harga yang stabil. Emas memiliki risiko lebih rendah, keamanan ketat, dan keuntungan yang lebih besar dibandingkan instrumen investasi lainnya. Harganya yang stabil membuat emas menjadi instrumen investasi yang menguntungkan.

3. Bisa Diwariskan

Emas juga mudah diwariskan ke generasi selanjutnya. Manfaat emas inilah yang membuat banyak orang tertarik berinvestasi emas. Jadi, emas yang dimiliki nantinya dapat diberikan ke anak atau cucu.

4. Mempermudah Pengajuan Pinjaman

Emas yang dimiliki ternyata bisa menjadi jaminan pinjaman di bank. Bahkan seseorang bisa mendapakan pinjaman dalam satu hari berdasarkan nilai emas yang dimiliki. Tingkat bunga pinjaman dengan jaminan emas juga relatif lebih rendah dibandingkan pinjaman umum.

5. Investasi Mudah Dicarikan

Manfaat investasi emas lainnya yaitu mudah dicarikan. Hal ini dikarenakan sudah banyak tempat jual beli emas. Misalnya, Anda memiliki sejumlah perhiasan emas, maka Anda bisa menjual perhiasan tersebut di beragam toko perhiasan.

6. Tidak Perlu Modal Besar

Modal yang diperlukan untuk investasi emas relatif lebih mudah jika dibandingkan instrumen investasi lain. Untuk berinvestasi emas, Anda bisa langsung membeli perhiasan emas di toko pehiasan atau menabung emas turunan di pegadaian, index komoditi, atau bursa berjangka. Modal yang diperlukan untuk membeli emas tersebut tidak terlalu tinggi, hanya dengan satu gram Anda sudah bisa memiliki emas untuk investasi.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait