6 Manfaat Investasi Emas, Menguntungkan untuk Masa Depan

Siti Nur Aeni
23 Maret 2022, 11:12
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Emas telah lama dikenal sebagai salah satu instrumen investasi pilihan. Ada banyak manfaat investasi emas yang menarik perhatian banyak orang.
KATADATA/Agung Samosir
Ilustrasi, emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. Emas telah lama dikenal sebagai salah satu instrumen investasi pilihan. Ada banyak manfaat investasi emas yang menarik perhatian banyak orang.

Investasi emas merupakan bentuk investasi yang sederhana. Pasalnya siapa saja bisa berinvestasi menggunakan emas. Tak hanya itu, manfaat investasi emas juga diketahui cukup menguntungkan, sehingga banyak orang tertarik untuk berinvestasi di logam mulia ini.

Alasan Investasi Emas

Emas merupakan logam mulai dengan karakteristik yang stabil, tidak berubah zat, tidak beroksidasi di udara normal, dan mengandung unsur murni. Emas biasanya digunakan sebagai koleksi atau investasi.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan di Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, berikut beberapa alasan yang menjadikan emas sebagai instrumen investasi favorit:

1. Aman

Dari segi keamanan, emas dinilai sangat aman untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Jika kita memiliki uang dan hanya disimpan ditabungan, maka uang tersebut bisa perlahan menghilang. Hal tersebut dikarenakan adanya biaya administrasi, pajak, suku bunga, dan biaya lain-lain. Sedangkan, jika kita menggunakan uang untuk investasi emas, maka nilainya cenderung stabil bahkan berpotensi terjadi pertambahan nilai.  

2. Terlindungi

Inflasi dan deflasi merupakan masalah klasik yang sudah ada sejak dahulu kala. Dua kondisi ini bisa membuat nilai aset menurun. Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan berinvestasi pada instrumen investasi, salah satunya emas.

3. Mudah Dicarikan

Likuiditas yang tinggi menjadi salah satu alasan banyak orang berminat investasi emas. Instrumen investasi lainnya bisanya memerlukan waktu lebih dari satu hari saat hendak dicairkan. Berbeda dengan emas yang lebih mudah dicairkan karena toko emas cukup mudah dijumpai. Tak hanya itu, nilai emas juga mengikuti pasar internasional yang terus menguat.

4. Menguntungkan

Harga emas yang stabil bahkan cenderung meningkat, membuat banyak orang lebih memilih investasi emas dibandingkan instrumen investasi lain. Emas juga diketahui sangat cocok untuk disimpan dalam jangka menengah atau panjang.

5. Risiko Rendah

Alasan investasi emas lainnya yaitu karena risikonya rendah. Emas diketahui tidak memiliki nilai penyusutan. Nilai emas untuk jangka pendek memang berfluktuasi, namun untuk jangka panjang nilainya cenderung meningkat.

Risiko terburuk dari investasi emas yaitu hilang saat penympanan. Namun jika dilihat dari harganya, investasi di emas memiliki risiko yang rendah.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement