12 Cara Mengusir Nyamuk Ini Mudah dan Ampuh

Image title
17 Juni 2022, 15:08
Cara mengusir nyamuk.
Pixabay
Cara mengusir nyamuk.

Tak sedikit orang yang penasaran bagaimana cara mengusir nyamuk. Mungkin sebagian dari mereka telah mencoba berbagai cara, namun tetap saja, serangga yang termasuk ordo Diptera (lalat) ini seolah hafal jalan pulang.

Bukan hanya menjengkelkan, nyamuk juga bisa membawa penyakit mematikan, seperti malaria dan DBD. Demi menghindari risiko ini, beberapa pemilik rumah mencoba berbagai cara untuk membasmi nyamuk, mulai dari insektisida sampai menggunakan bahan-bahan organik.

Cara Mengusir Nyamuk

Mengutip Family Handyman, Healthline, dan berbagai laman terkait lainnya, berikut cara mengusir nyamuk:

1. Memangkas Tanaman

Pagar, semak, dan rerumputan tinggi menawarkan ketuduhan bagi kawanan serangga pengisap darah ini. Nyamuk membutuhkan tempat untuk keluar dari panas matahari di siang hari. Semakin sedikit area teduh yang mereka temukan, semakin sedikit pula mereka berkumpul di halaman Anda.

Rajinlah memangkas semak atau tanaman yang terlalu rimbun untuk mengurangi naungan dan menjaga agar daerah-daerah ini tidak menjadi hutan yang ditumbuhi semak belukar.

2. Minyak Kayu Putih Lemon

Digunakan sejak 1940-an, minyak lemon eucalyptus adalah salah satu penolak nyamuk alami yang cukup terkenal. Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit (CDC) telah menyetujui minyak kayu putih sebagai bahan efektif dalam mengusir nyamuk.

Sebuah studi pada 2014 menunjukan bahwa campuran minyak kayu putih lemon dapat memberikan perlindungan terhadap nyamuk selama kurang lebih tiga jam.

3. Memasang Tirai

Cara mengusir nyamuk selanjutnya, dengan memasang Tirai. Alat satu ini dapat menghalangi nyamuk masuk ke ruangan tertentu, seperti kamar dan ruang tamu. Tirai udara ini dinilai efektif untuk mencegah nyamuk berkeliaran di suatu ruangan.

Pemasangan dan perawatan tirai udara pun cukup mudah dan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Bukan cuma nyamuk, tirai ini juga mampu menghalangi serangga lain, seperti lalat, untuk masuk ke suatu ruangan.

4. Menggunakan Cat Dinding Berwarna Terang

Perlu diketahui bahwa nyamuk menyukai tempat-tempat yang gelap dan lembap. Oleh sebab itu, Anda bisa mengantisipasi kedatangan nyamuk dengan mewarnai dinding dengan warna terang dan pencahayaan yang bagus, seperti warna putih, kuning, dan orange.

Ketiga warna tersebut bisa dikombinasikan dengan desain ruangan supaya Anda juga bisa nyaman menempatinya. Cara mengusir nyamuk secara alami ini, terbilang ampuh dalam mengusir nyamuk karena tempat yang terang akan menyulitkan nyamuk untuk bergerak.

5. Serai

Bahan dapur juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, salah satunya serai atau sereh. Bukan cuma ampuh mengusir nyamuk, serai juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti memancarkan aroma segar yang mampu menenangkan pikiran.

Cara menggunakan serai untuk mengusir nyamuk cukup mudah. Anda hanya perlu mematahkan beberapa batang serai dan letakan pada lokasi yang sering dihinggapi nyamuk.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...