25 Liter Berapa Kg? Begini Perhitungannya

Siti Nur Aeni
22 Juni 2022, 18:52
25 Liter Berapa Kg? Begini Perhitungannya
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.
Ilustrasi, Pedagang menata minyak goreng curah yang dijual di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/5/2022). Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian akan menghentikan program subsidi minyak goreng curah pada 31 Mei 2022, langkah tersebut diambil setelah harga barang kebutuhan pokok itu mulai mengalami penurunan pada pekan ini.

Saat membeli minyak goreng, Anda pasti membelinya dalam satuan liter. Namun, pernahkah Anda berpikir bagaimana jika minyak goreng tersebut diubah dalam bentuk kilogram (kg).

Misalnya saat Anda membeli minyak goreng sebanyak 25 liter. Lantas, 25 liter berapa kg? Untuk mengetahui jawabannya, Anda harus terlebih dahulu menghitung nilai konversinya. Berikut penjelasan seputar cara konversi dari liter ke kilogram.

Mengenal Satuan Liter dan Kilogram

Hal pertama yang perlu Anda pahami sebelum melakukan konversi satuan dari liter ke kilogram, yaitu memahami terlebih dahulu arti dari kedua satuan tersebut. Pada bagian ini kita akan mengulas sekilas tentang satuan liter dan kilogram. Berikut penjelasan selengkapnya.

Satuan Liter

Liter adalah satuan dari volume yang sudah diketahui di seluruh dunia. Meskipun sudah digunakan di mana saja, satuan ini ternyata bukan satuan volume pada sistem internasional.

Kata liter ini berasal dari kata Litron yang berasal dari Bahasa Prancis. Satuan ini diketahui sudah ada sejak tahun 1785. Selain digunakan untuk mengukur volume, liter juga sering digunakan untuk menimbang massa, umumnya massa benda cair maupun benda padat yang bisa dicairkan.

Maka tak perlu heran jika kita sering mendengar satuan ini saat membeli produk cari seperti minyak goreng, susu, hingga ari mineral.

Satuan Kilogram

Jika satuan liter biasa digunakan untuk ukuran benda cair, lain halnya dengan satuan kilogram. Jenis satuan ini biasanya digunakan untuk mengukur berat suatu benda. Fungsi dari satuan ini yaitu untuk mengukur massa benda, khususnya benda padat.

Perlu diketahui juga bahwa satuan dasar dari kilogram yaitu gram. Dengan demikian, 1 kg sama dengan 1000 gram atau 1 gram sama dengan 0,001 kg.

Cara Mengubah Satuan dari Liter ke Kilogram

Setelah memahami konsep dari satuan liter dan kilogram, kini Anda sudah bisa melakukan konversi liter ke kilogram. Cara konversi liter ke kilogram ini memerlukan rumus massa jenis. Adapun rumus dari massa jenis, seperti berikut.

Massa jenis = massa/ volume

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...