10 Liter Berapa Kg? Berikut Cara Menghitungnya

Siti Nur Aeni
22 Juni 2022, 11:42
10 Liter Berapa Kg? Pahami Cara Menghitungnya
ANTARA FOTO/Fauzan/YU
ilustrasi, Petugas UPT Metrologi Legal melakukan uji tera timbangan milik pedagang di Pasar Induk Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten, Rabu (23/3/2022). Uji tera timbangan yang dilakukan di sejumlah pasar di Kota Tangerang tersebut guna menghindari kecurangan pedagang serta memberi rasa aman kepada para konsumen.

Apakah Anda pernah bertanya 10 liter berapa kg? Pertanyaan itu terkadang muncul saat hendak membeli beras di warung atau toko sembako. Pasalnya, secara umum pedagang lebih sering menggunakan takaran liter, terutama untuk pembelian yang tidak terlalu banyak.

Walaupun demikian, ternyata masih banyak belum mengetahui perihal tata cara konversi satuan dari liter ke kilogram. Lantas, bagaimanakah caranya? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Perbedaan Satuan Liter dan Kilogram

Sebelum menjawab pertanyaan 10 liter berapa kg, tak ada salahnya jika mengenal terlebih dahulu perbedaan antara satuan liter dan kilogram.

Satuan Liter

Liter adalah satuan dari volume yang sudah dikenal secara global. Meskipun demikian, liter bukan satuan volume pada sistem internasional atau SI.

Kata liter berasal dari kata Litron yang berasal dari Bahasa Prancis. Satuan ini diperkenalkan pada tahun 1785. Selain digunakan untuk mengukur volume, liter juga sering digunakan untuk menimbang massa, umumnya massa benda cair.

Maka dari itu, kita sering mendengar satuan liter saat membeli produk-produk berbentuk cair, seperti minyak atau susu. Tak hanya itu, liter juga bisa digunakan untuk mengukur massa benda padat yang dapat dicairkan.

Satuan Kilogram

Kilogram atau Kg adalah satuan yang sering digunakan untuk menentukan berat sebuah benda. Fungsi sebenarnya dari satuan ini, yaitu untuk mengukur massa benda, khususnya benda padat.

Satuan dasar dari kilogram yaitu gram. Sehingga, 1 kg sama dengan 1000 gram atau sebaliknya, 1 gram sama dengan 0,001 kg. Maka dari itu, untuk mengukur berat benda padat seperti beras menggunakan satuan kilogram.

Jadi, saat ada penjual beras menggunakan satuan liter, kita perlu melakukan konversi agar bisa mengetahui berat pasti dari berat tersebut.

Cara Konversi dari Liter ke Kilogram

Cara mengubah liter ke kilogram sebenarnya tidak sulit. Namun, Anda perlu memahami terlebih dahulu rumus massa jenis atau densitas. Adapun rumus massa jenis yaitu:

Massa jenis = massa/ volume

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement