Me Time Artinya Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri, Ini Penjelasannya

Siti Nur Aeni
23 Juni 2022, 11:28
Me Time Artinya Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri, Ini Penjelasanya
pixabay.com
Ilustrasi seseorang sedang me time

Apakah Anda sedang merasa bosan dengan aktivitaas sehari-hari? Atau mungkin Anda sedang lelah dengan keramaian? Jika Anda sedang berada disituasi demikian, mungkin kini saatnya bagi Anda untuk me time.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar me time. Jadi, untuk Anda yang belum mengetahui me time artinya apa? Dan belum paham manfaat dari me time, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Apa Itu Me Time?

Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, me time artinya waktu untuk diri sendiri. Sementara itu, berdasarkan keterangan di situs Direction Psychology, me time adalah sebuah cara menghabiskan waktu singkat untuk diri kita sendiri.

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri bukan berarti Anda egois dan anti sosial. Hanya saja, Anda memanfaatkan waktu yang ada untuk rehat sejenak dari dunia luar yang mungkin melelahkan. Dengan menepi sebentar, maka Anda bisa mengenal diri sendiri lebih dalam dan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman.

Manfaat Me Time

Me time dipercaya bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik. Selain itu, masih ada sejumlah manfaat lain dari me time. Mengutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat me time yang dapat Anda rasakan.

1. Menyediakan Waktu untuk Merenung dan Berfikir

Di momen tertentu mungkin Anda merasa lelah seusai bekerja dan bertemu dengan banyak orang. Kondisi ini membuat Anda kehilangan kesempatan untuk memikirkan hal lain yang cukup penting.

Pada situasi dan kondisi seperti itu, mungkin Anda memerlukan me time agar bisa merenung dan memilikikan hal lain yang cukup dalam. Misalnya, memikirkan tujuan hidup, rencana hidup, mimpi dan cita-cita, dan hal-hal lain yang selama ini luput dari ingatan.

2. Memberikan Kesempatan untuk Mengenal Diri Sendiri

Manfaat lain dari adanya me time yaitu memberikan kesempatan kepada Anda agar bisa mengenal diri sendiri. Sebagai makhluk sosial, Anda mungkin terlalu fokus memikirkan kondisi orang lain. Hingga tak jarang melupakan kepentingan diri sendiri.

Maka dari itu, Anda butuh me time supaya bisa mengenal diri sendiri. Berbincang dengan diri sendiri sekaligus bertanya keinginan dan mimpi dari diri Anda yang mungkin selama ini tidak pernah Anda pedulikan.

3. Hubungan Sosial Semakin Berkualitas

Manfaat me time tak melulu untuk diri sendiri. Pasalnya, me time juga bisa membuat hubungan sosial semakin berkualitas. Hal ini dikarenakan saat Anda me time, maka Anda bisa mengenal diri sendiri dan lingkungan sekitar dengan lebih baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement