Self Healing Artinya Penyembuhan Diri, Begini Penjelasan Lengkapnya

Siti Nur Aeni
23 Juni 2022, 10:12
Self Healing Artinya Penyembuhan Diri, Begini Penjelasan Lengkapnya
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi meditas sebagai salah satu cara untuk self healing

Istilah self healing beberapa waktu terakhir sangatlah populer. Istilah ini biasanya digunakan saat seseorang mulai merasa jenuh dengan aktivitas sehari-hari dan ingin berlibur untuk mendapatkan suasana baru. Lantas, sebenarnya self healing artinya apa? Untuk mendapatkan jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Self Healing?

Dalam Bahasa Inggris self healing artinya penyembuhan diri. Sementara itu, menurut penjelasan di unair.ac.id, self healing termasuk teknik yang dilakukan saat terjadi gangguan psikologis.

Sedangkan dalam hellosehat.com, disebutkan bahwa self healing artinya proses penyembuhan luka batin tanpa obat, namun dengan mengeluarkan perasaan atau emosi terpendam.

Luka batin yang berlangsung lama bisa membuat kita merasa stres kronis, depresi, gangguan kecemasan, dan menggangu kesehatan mental. Jika kondisi ini tidak segera di tangani, maka tak berisiko menyebabkan self harm hingga percobaan bunuh diri.

Perbaikan batin ini tujuannya untuk mengeluarkan emosi yang selama ini terpendam. Dengan demikian, kita menjadi lebih tenang dan bisa berdamai dengan masa lalu yang mungkin menyakitkan.

Jenis-jenis Self Healing

Self healing sangat diperlukan untuk memperbaiki diri dan menyembuhkan luka selama ini menggangu pikiran. Cara self healing setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun, berdasarkan keterangan di hellosehat.com, berikut ini beberapa jenis self healing yang bisa Anda lakukan.

1. Forgiveness

Forgiveness diartikan sebagai langkah untuk berdamai dengan diri sendiri dan orang lain yang mungkin pernah melakukan kesalahan kepada diri Anda. Tindakan ini dilakukan dengan cara melepas emosi negara menjadi pandangan positif. Dengan demikian, orang lain dapat lebih berempati, simpati, dan melakukan tindakan yang baik.

Kemampuan untuk memaafkan menjadi bekal yang penting untuk menghadapi masa depan. Pasalnya, dengan menerapkan tindakan ini, maka kita bisa lebih menikmati hidup, menghargai diri sendiri, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Forgiveness ini bentuknya sangat beragam, salah satunya yaitu dengan meditasi. Berikut ini langkah-langah meditasi yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...