Memahami 12 Cara Mengobati Gusi Bengkak

Annisa Fianni Sisma
7 Oktober 2022, 17:13
cara mengobati gusi bengkak
PEXEL
Ilustrasi, sakit gigi dan gusi bengkak.

Pembengkakan pada gusi dapat menyebabkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Jika gusi bengkak dibiarkan tanpa segera ditangani, maka keadaannya pun akan semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk mengatasi gusi bengkak dengan efektif, berikut ini penjelasan tentang cara mengobati gusi bengkak selengkapnya melansir dari Hello Sehat dan Halodoc.

1. Berkumur dengan Air Asin

Gusi bengkak dapat diatasi dengan air asin untuk membersihkan gigi. Cara mengobati gusi bengkak dengan air asin yakni dengan campur garam dengan air hangat.

Kandungan pada garam dapat mencegah bakteri penyebab sakit gigi dan pembengkakan. Kumur dengan air garam ini harus dilakukan secara rutin agar mulut bersih dari bakteri dan pembengkakan gusi dapat segera reda.

2. Kantong Teh Celup
Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah dengan teh celup. Siapkan teh celup segar dan rendam dengan air panas hingga air berwarna kecelakaan. Setelah itu, tempelkan teh celup pada gusi yang bengkak selama 5 menit.

Kandungan teh salah satunya yakni tanin. Tanin dapat bekerja sebagai anti inflamasi. Teh lain yang cukup efektif atasi gigi berlubang adalah teh jahe dan chamomile.

3. Berkumur Air Lemon

Buah lemon mengandung asam yang tinggi. Asam ini mampu menyeimbangkan kadar pH dalam mulut.

Cara mengobati mengobati gusi bengkak ini sangat mudah. Cukup peras lemon ke dalam air hangat. Gunakan air lemon tersebut untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari.

4. Rutin Membersihkan Gigi

Selain ketiga cara di atas, cara mengobati gusi bengkak adalah dengan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jangan sampai ada makanan yang tertinggal di sela-sela gusi.

Selain sikat gigi, alat untuk membersihkan gigi lainnya adalah benang gigi atau floss. Benang gigi dapat membersihkan sela-sela gigi dari makanan yang sulit dijangkau sikat gigi.

Penggunaan sikat gigi dan benang gigi dengan baik akan mengurangi bakteri pada mulut sehingga menjadi lebih sehat.

5. Gunakan Pasta Gigi yang Tidak Menyebabkan Iritasi

Sebagian orang mungkin mengalami alergi terhadap bahan tertentu. Pastikan membersihkan gigi dengan pasta gigi yang cocok. Produk kesehatan mulut ini mengandung bahan tertentu, sehingga pastikan pasta gigi tidak menimbulkan alergi.

6. Kurangi Minuman Beralkohol

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya adalah mengurangi minuman beralkohol. Iritasi pada gusi dapat terjadi jika terlalu banyak mengonsumsi minuman ini.

7. Konsumsi Buah dan Sayuran

Vitamin dan manfaat lain yang terkandung dalam buah dan sayur dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan tubuh secara keseluruhan. Nutrisi yang seimbang dalam tubuh akan membantu metabolisme tubuh dengan baik.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...