6 Minuman Khas Betawi Ini Unik dan Menyegarkan

Image title
17 Oktober 2022, 06:38
Ilustrasi, bir pletok, minuman khas Betawi
Shutterstock/Harismoyo
Ilustrasi, bir pletok, minuman khas Betawi

Suku Betawi adalah kelompok etnik yang menduduki wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek). Menurut Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, nama "Betawi" berasal dari kata "Batavia", yakni nama yang diberikan oleh Belanda pada zaman penjajahan dahulu.

Berkembangnya masyarakat Betawi berdampak pada terciptanya sejumlah minuman khas Betawi yang dikonsumsi sehari-hari. Berdasarkan buku Makanan: Wujud Variasi dan Fungsinya serta Cara Penyajian pada Masyarakat DKI Jakarta, minuman khas Betawi tak lepas dari peran Jakarta sebagai tempat percampuran dari berbagai kelompok etnik di seluruh Indonesia.

Variasi minuman khas Betawi dikonsumsi sebagai asupan sehari-hari, perayaan peristiwa tertentu, serta sesuai kedudukan sosial dan ekonomi yang ada dalam masyarakat Betawi. Berikut ragam minuman khas Betawi yang menarik untuk dicoba.

1. Kopi Jahe Betawi

Bersumber dari Kebudayaan.kemdikbud.go.id, kopi jahe Betawi merupakan minuman khas Betawi sejak abad ke-18. Pada masa itu, para pedagang menggunakan perahu dan rakit untuk membawa rempah-rempah menyusuri Sungai Cisadane. Biasanya, mereka singgah di pelabuhan di pinggir Kali Angke.

Masyarakat sekitar wilayah itu sering melakukan perayaan dan memperingati hari besar dengan menyajikan berbagai makanan dan minuman, salah satunya kopi jahe. Suku Betawi menyebut kopi jahe sebagai zanzabil. Kopi jahe Betawi mengandung rempah-rempah agar tidak terlalu pahit. Bagi masyarakat Betawi keturunan Arab Pekojan, kopi jahe umumnya disajikan sebagai pelengkap hidangan nasi kebuli.

Selain itu, minuman khas Betawi ini juga sering menjadi hidangan saat acara di malam hari. Rempah-rempah yang terkandung dalam kopi jahe Betawi mampu menghangatkan tubuh ketika cuaca terasa dingin di malam hari. Sejumlah rempah-rempah yang ada dalam kopi jahe Betawi yaitu jahe merah, cengkeh, kapulaga, kayu manis, dan daun pandan. Kopi jahe Betawi disajikan dengan campuran susu kental manis dan gula pasir bagi mereka yang suka rasa manis. 

2. Bir Pletok

Bir pletok mungkin menjadi minuman khas Betawi yang paling banyak dikenal. Meskipun namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol. Bir pletok dibuat dengan campuran rempah-rempah sehingga aromanya semerbak.

Mulanya, minuman khas Betawi ini dikonsumsi oleh para pria untuk menghangatkan tubuh saat berkumpul bersama di malam hari. Cara membuat bir pletok dilakukan dengan mencampur dua liter air dengan setengah liter gula pasir.

Kemudian tambahkan kayu manis, jahe, serai, cengkeh, babakan secang, bunga pala, lada, cabe, jeruk purut, daun pandan, dan garam. Semua bahan dicampur lalu direbus hingga mendidih. Setelah itu, minuman khas Betawi ini disaring agar terpisah dari ampasnya. Bir pletok dapat disajikan hangat maupun dingin.

3. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang merupakan minuman khas Betawi yang terinspirasi dari cerita rakyat. Nama selendang mayang sendiri muncul karena bentuk jajanan tersebut. Kata ‘selendang’ berasal dari warna makanan yang hijau, putih, dan merah seperti selendang penari. Sedangkan kata 'mayang' berarti kenyal dan manis.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...