Apa Itu Penyakit Herpes? Simak Penjelasan, Gejala, dan Penanganannya

Image title
24 Oktober 2022, 06:16
Ilustrasi, penjelasan penyakit herpes. Apa itu penyakit herpes? Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini termasuk infeksi virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak intim.
pix4free.org
Ilustrasi, penjelasan penyakit herpes

Penyakit herpes termasuk penyakit menular yang disebabkan virus herpes simpleks. Penyakit herpes dibagi menjadi dua, yaitu herpes simplex virus type 1 dan 2. Penyakit ini menyebar dari kulit dan/atau lendir penderita.

Dirangkum dari publikasi MIT Medical, University of California Berkeley, Cornell Health, dan American Academy of Dermatology Association, berikut penjelasan penyakit herpes.

Apa Itu Penyakit Herpes?

Herpes adalah infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini termasuk infeksi virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual atau kontak intim. Virus herpes menyebar dari kulit dan/atau lendir dari satu orang ke orang lain, biasanya melalui ciuman atau kontak seksual.

Virus herpes kemudian menyebar ke saraf di daerah tubuh tempat terpapar pertama kali, di mana virus ini hidup secara permanen. Ada dua jenis virus Herpes, yaitu Herpes simplex virus type 1 (HSV-1) dan Herpes simplex virus type 2 (HSV-2).

HSV-1 biasanya ditularkan secara oral, yakni melalui kontak mulut ke mulut. Penderita HSV-1 dapat menularkannya ke orang lain dengan:

  • Berciuman.
  • Menyentuh kulit orang.
  • Menggunakan benda yang sama, seperti peralatan makan, lip balm, atau pisau cukur.

Sementara HSV-2 biasanya ditularkan melalui kontak antar genitalia atau antara genitalia dan dubur. Kedua jenis virus dapat menginfeksi salah satu area tergantung pada tempat paparan awal.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, kedua virus dapat menginfeksi tempat yang sama. Bahkan, herpes dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya, seperti jari dan mata.

Setelah seseorang terinfeksi HSV-1 atau HSV-2, virus tetap berada di dalam tubuh seumur hidup. Selama berada di dalam tubuh, sistem kekebalan menekan virus sehingga tidak aktif, tetapi masih ada di saraf jauh di dalam kulit.

Meski sistem kekebalan kuat, virus herpes berpotensi bereproduksi lagi. Saat ini, belum ada obat untuk herpes, obat-obatan tertentu dapat membantu mencegah atau mempersingkat waktu. Herpes tidak mengancam jiwa dan tidak mempengaruhi kesuburan pada wanita atau pria.

Beberapa hal yang dapat memicu munculnya kembali virus herpes yaitu:

  • Stres.
  • Penyakit.
  • Demam.
  • Paparan sinar matahari.
  • Periode menstruasi.
  • Operasi.

Gejala Penyakit Herpes

Terkait apa itu penyakit herpes, gejala penyakit herpes tergantung pada jenis virus herpes yang menginfeksi dan bagian tubuh mana yang terkena. Banyak orang dengan HSV-1 atau HSV-2 tidak mengalami gejala apapun selama terkena penyakit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...