Memahami Cara Mengawinkan Kelinci Beserta Tanda Kelinci Hamil

Annisa Fianni Sisma
9 November 2022, 10:53
cara mengawinkan kelinci
PEXEL
Ilustrasi, kelinci jantan dan betina.

Kelincimenjadi hewan yang menarik untuk dikembangbiakan. Kelinci yang cocok untuk dibudidayakan adalah kelinci jenis pedaging. Sebelum melakukan budidaya, harus mengetahui cara mengawinkan kelinci terlebih dahulu.

Kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan. Kelinci pun disebut dengan hewan vivipar. Hewan vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Hewan vivipar memiliki karakteristik melahirkan dari induknya betina, tubuhnya dilapisi bulu dan memiliki daun telinga, memiliki kelenjar susu, dan mampu menyusui. Kelinci memiliki karakteristik tersebut.

Sebelum memahami cara mengawinkan kelinci, pemilik harus mengetahui jenis kelamin kelinci dan masa hidup kelinci. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Masa Hidup Kelinci

Kelinci yang ternutrisi dengan baik memiliki masa hidup sekitar 5 hingga 10 tahun. Kelinci muda adalah kelinci yang berusia 0 hingga 9 bulan. Kelinci yang dewasa yakni berusia 4 hingga 5 tahun. Sedangkan kelinci tua berusia 5 hingga 10 tahun.

Untuk melihat masa perkembangan kelinci, berikut tahapan usia kelinci dan tanda-tandanya:

  1. Kelinci usia 6 hingga 8 hari: Pada mata dan telinga akan terdapat bulu tipis.
  2. Kelinci usia 2 minggu: Bulu kelinci sudah tumbuh pada seluruh tubuhnya.
  3. Kelinci usia 2 minggu ke atas: Kelinci akan menggigit rumput dan senang bereksplorasi.
  4. Kelinci usia 3 minggu: Kelinci akan meninggalkan sarang dan beraksi saat ada suara. Ia akan lebih mengeksplor wilayahnya.
  5. Kelinci usia 4-5 minggu: Kelinci akan mengalami penyapihan hingga usia 8 minggu.
  6. Kelinci usia 4 hingga 6 bulan: Kelinci akan menunjukkan tanda-tanda kedewasaannya dan tertarik kepada lawan jenis.
  7. Kelinci usia tua: Kelinci akan lebih banyak tidur dan berkurang nafsu makannya. Ia tidak banyak bereaksi dan tidak tertarik dengan lingkungannya. Jika memiliki kelinci tua, maka pemelihara wajib memperhatikannya dengan baik.

Cara Mengawinkan Kelinci

Setelah mengetahui penjelasan di atas, maka masa ideal untuk mengawinkan kelinci adalah usia 4 hingga 6 bulan. Berikut ini cara mengawinkan kelinci jantan dan betina.

1. Dekatkan Kelinci Jantan dan Betina

Pemilik dapat mendekatkan kelinci jantan dan betina dalam satu kandang. Masukkan kelinci betina pada kandang kelinci jantan dan jangan sampai terbalik. Pasalnya, hal ini berpengaruh pada kepercayaan diri kelinci jantan karena mendominasi kandang.

2. Biarkan Keduanya

Setelah menempatkan kelinci betina dalam kandang kelinci jantan, cara mengawinkan kelinci berikutnya yakni pemilik dapat membiarkannya beberapa saat. Namun pemilik tetap harus memperhatikannya agar kelinci jantan dan betina berhasil kawin dan tidak bertengkar.

3. Perkawinan

Jika keduanya telah melakukan perkawinan, maka biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu pisahkan kelinci betina dan kelinci jantan. Keluarkan kelinci betina dari kandang kelinci jantan.

4. Biarkan Kelinci Betina

Setelah memisahkannya dengan kelinci jantan, kelinci betina akan berdiam. Setelah dibiarkan selama 15 menit maka pemilik dapat mendekati kelinci betina lagi untuk memastikan keadaannya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...