Mengenal 13 Karakteristik Kelinci, Hewan Lucu dan Menggemaskan

Annisa Fianni Sisma
9 November 2022, 11:26
karakteristik kelinci
PEXEL
Ilustrasi, kelinci.

Kelinci adalah hewan yang menggemaskan dengan wajahnya yang kecil dan tingkahnya yang menyenangkan. Tak heran banyak yang menyukai kelinci dan menjadikannya hewan peliharaan serta ingin mengenal karakteristik kelinci lebih jauh.

Kelinci memiliki karakteristik yang mirip dengan beberapa hewan lainnya. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut penjelasan lengkap karakteristik kelinci, dilansir dari berbagai sumber.

1. Vertebrata

Karakteristik kelinci yang pertama adalah sebagai hewan vertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang penopang tubuh dengan tubuh simetris, tulang lurus dari kepala sampai ekor, tengkorak yang melindungi otak, dan memiliki kepala, leher serta badan dan ekor.

Sebagai hewan vertebrata, kelinci memiliki tulang belakang yang lurus dari kepala hingga ekor. Tulang tengkorak pada kepala terlihat besar dengan tulang punggung yang menjalar hingga ekor. kelinci juga memiliki ciri lain sebagai hewan vertebrata yakni memiliki dua pasang alat gerak tubuh.

2. Bernafas dengan Paru-Paru

Selain itu, karakteristik kelinci lainnya yakni memiliki alat pernapasan berupa paru-paru dan alat pencernaan yang memanjang dari mulut hingga ke anus. Oleh karena itulah habitat kelinci berada di daratan

3. Hewan Nokturnal

Karakteristik kelinci yang menarik selanjutnya adalah kelinci merupakan hewan nokturnal. Hewan nokturnal adalah hewan yang aktif pada malam hari. Penglihatannya semakin tajam ketika ia berada di ruangan yang remang-remang atau gelap. Posisi mata kelinci berada di sisi kanan dan kiri kepala. Hal ini membuatnya dapat melihat hingga 360 derajat.

4. Hewan Vivipar

Karakteristik kelinci lainnya yakni adalah kelinci termasuk hewan vivipar. Hewan vivipar merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan.

Karakteristik kelinci sebagai hewan vivipar adalah memiliki kelenjar susu dan mampu menyusui, tubuhnya yang dilapisi bulu berwarna warni serta daun telinga. Kelinci sudah dapat berkembang biak pada usia 4 bulan ketas. Masa kehamilannya pun cukup singkat yakni 1 bulan.

5. Berbulu

Karakteristik kelinci yang paling menonjol adalah bulu halus dengan warnanya yang menarik. Warna menarik kelinci bergantung pada masing-masing jenisnya.

Contoh warna kelinci yang menarik adalah kelinci Checkered Giants yang memiliki warna dasar putih tetapi beberapa corak polkadot warna hitam, atau jenis kelinci Chinchilla yang memiliki warna abu-abu muda di bagian punggung dan sedikit putih di bagian bawahnya.

Selain itu ada kelinci alaska memiliki warna hitam legam. Jenis kelinci lainnya yakni kelinci himalaya yang bagian tubuhnya berwarna putih, sedangkan bagian hidung, telinga, dan kaki serta ekornya berwarna coklat tua, dan masih banyak lagi.

6. Herbivora

Karakteristik kelinci berikutnya adalah dari segi pakannya. Kelinci merupakan hewan herbivora yang merupakan pemakan tumbuhan seperti sayur dan buah. Kelinci sangat menyukai sayur, biji, dan rumput.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...