Ragam Cara Memutuskan Hubungan LDR Dengan Baik

Tifani
Oleh Tifani
14 November 2022, 08:41
cara memutuskan hubungan ldr dengan baik
Katadata
Ilustrasi, pasangan kekasih menjalin hubungan jarak jauh dan berkomunikasi secara virtual.

Setiap orang pasti ingin memiliki hubungan yang langgeng, romantis, dan baik, namun terkadang ada tantangan yang harus dilalui. Terutama bagi pasangan yang menjalani long distance relationship (LDR), hubungan mereka mungkin terasa lebih sulit karena jarang bertemu, dan terkadang banyak masalah yang muncul. Sulit untuk membina hubungan emosional hanya melalui komunikasi virtual. 

Untuk pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, bila sempat terpikir untuk mengakhiri hubungan, perlu diketahui bahwa tak ada yang menyenangkan dari membuat keputusan untuk berpisah dengan pasangan, dan mengakhiri hubungan yang sudah terjalin.

Mulai dari perasaan tidak nyaman, gugup hingga khawatir bisa jadi dirasakan saat berencana mengakhiri hubungan. Belum lagi kendala jarak yang membuat sulit untuk mengabarkan keinginan ini secara langsung.

Cara Memutuskan Hubungan LDR dengan Baik

Jika sudah memantapkan hati dan tidak merasa bahagia dalam menjalani hubungan jarak jauh atau LDR, maka buatlah agar perpisahan tidak memberikan efek negatif pada hubungan dan diri ke depannya. Dikutip dari id.wikihow.com, sebaiknya siapkan perpisahan secara matang dengan melihat berbagai cara di bawah ini.

1. Pilih Media yang Tepat

Sebisa mungkin pilih bertatap muka dengan pasangan sebagai opsi pertama dalam mengutarakan perpisahan. Namun jika pilihan bertemu langsung sulit untuk direalisasikan (baik karena faktor jarak maupun besarnya biaya) bisa juga memilih media telepon sebagai pilihan kedua.

Berkomunikasi via telepon jauh lebih personal dibandingkan melalui chat. Walau dalam beberapa kasus mengutarakan perpisahan via chat juga jadi pilihan terbaik, terutama bagi orang yang ingin mengakhiri hubungan abusif atau memiliki anxiety problem.

2. Cari Waktu yang Tepat dan Sama-sama Luang

Mengingat ini adalah hubungan yang berjauhan, mengatakan putus secara tiba-tiba akan membuat si dia merasa terkejut. Tidak ada yang tahu apa yang sedang ia alami di hari tersebut. Bisa jadi dia sedang pusing menyelesaikan pekerjaan, atau bersiap menghadapi ujian.

Jangan sampai permintaan putus yang diutarakan malah menambah buruk harinya. Tentukan waktu yang tepat dan tanyakan bagaimana harinya sebelum mengungkapkan pembicaraan putus.

3. Identifikasi Masalah

Sebelum mengutarakan permintaan putus, identifikasi terlebih dahulu masalah apa yang timbul dalam hubungan. Apakah karena jarak yang jauh hingga sulit berkomunikasi, sulit percaya, atau ada masalah lain. Ketahui jika masalah tersebut dapat diperbaiki atau tidak.

Jika memang solusi tidak dapat ditemukan, maka harus paham kapan mengakhiri hubungan bila sudah toxic atau kedua pihak sudah tidak bahagia bersama lagi.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...