Perbedaan Kolase dan Mozaik, Beserta Jenis dan Manfaatnya

Ghina Aulia
30 November 2022, 15:13
Perbedaan Kolase dan Mozaik
Pixabay
Ilustrasi mozaik.

Seni dapat menjadi media dalam berekspresi. Maka dari itu, dalam membuat seni, tidak ada batasan. Secara tidak langsung, seni juga melambangkan kebebasan.

Termasuk di dalamnya adalah seni rupa. Singkatnya, seni rupa adalah karya seni yang bentuknya dapat dilihat dan ditangkap oleh mata.

Susanne K. Langer dalam bukunya yang berjudul Problematika Seni (2006) mendefinisikan, seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. dengan kata lain, seni rupa merupakan proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Lebih lanjut, Drs. Sudarmaji di dalam Dasar-Dasar Kritik Seni Rupa (1979) menerangkan, seni rupa adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Melalui buku Psikologi Fenomenologi Eksistensialisme (1990), Corrie Hartong mengungkapkan bahwa seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi sehingga orang lain bisa menikmatinya. Seni rupa merupakan suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Terkait dengan hal tersebut, Katadata.co.id akan menjelaskan tentang perbedaan kolase dan mozaik. Berikut adalah penjelasannya.

Mengenal Kolase

Secara harfiah, kata kolase diambil dari Bahasa Inggris, yaitu collage. Kata collage disinyalir berasal dari kata coller yang merupakan Bahasa Perancis yang artinya merekat.

Dari istilah tersebut, kolase dimaknai sebagai salah satu teknik pembuatan seni dengan menempel. Adapun media atau bahan yang biasa digunakan adalah kertas, kain perca, logam, kaca, dan lain-lain. Penjelasan ini termuat di dalam buku Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana yang ditulis oleh Syakir Muharrar dan Sri Verayanti.

Robbins (2007) menerangkan kolase adalah seni menempel gambar atau pola menggunakan bahan-bahan yang berbeda, seperti kertas dan lain yang direkatkan pada latar belakang.

Sementara itu, Sumando (2005) mendefinisikan, kolase adalah aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan teknik melukis (lukis tangan) dengan menempelkan bahan-bahan tertentu.
Kemudian Nicholson (2005) berpendapat bahwa kolase adalah gambar yang dibuat dari potongan kertas atau material lain yang ditempel.

Kolase didefinisikan sebagai karya aplikasi yang dibuat dengan menggabungkan teknik melukis (lukisan tangan) dengan menempel bahan-bahan tertentu. Perlu diperhatikan juga bahwa kolase memerlukan kreativitas dan ide yang matang dalam membuatnya. Termasuk dalam pemilihan bahan cara memadukannya.

Jenis-jenis Kolase

Kolase berdasarkan Fungsi

1. Seni Murni
Seni murni adalah karya seni yang dibuat dengan mengutamakan aspek artistik.
2. Seni Terapan
Sedangkan seni terapan adalah karya seni yang dapat digunakan sebagai kebutuhan praktis.

Kolase berdasarkan Matra

Matra juga biasa disebut dengan dimensi. Berdasarkan matra, terdapat kolase dua dimensi dan tiga dimensi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...