10 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah

Anggi Mardiana
2 Desember 2022, 11:04
Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah
Freepik
Ilustrasi, pelaku usaha rumahan.

Cara membuka usaha sendiri di rumah penting diketahui sebagai panduan memulai usaha dalam skala kecil, sebelum merambah ke bisnis yang lebih besar. Usaha rumahan bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan, dan mendatangkan keuntungan yang besar jika terus ditekuni.

Membuka usaha sendiri di rumah memang bukan hal yang mudah. Anda perlu mencari cara agar bisnis yang dikembangkan berhasil dan diminati oleh banyak orang. Karena itu, pilihlah bisnis yang diminati oleh banyak orang dan memiliki potensi di masa depan. Misalnya usaha jajanan rumahan yang banyak diminati.

10 Cara Membuka Usaha Sendiri di Rumah dengan Modal Kecil

Mengutip Julo.co.id, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba untuk membuka usaha sendiri di rumah:

1. Mencari Ide Bisnis

Mencari ide bisnis jadi cara membuka usaha sendiri di rumah pertama. Ide bisnis bisa berasal dari masalah lingkungan sekitar atau target pasar yang solusinya harus dicari. Bahkan hobi dan minat bisa jadi ide bisnis asalkan dibutuhkan oleh pasar misalnya merias wajah pengantin.

2. Membuat Rencana Bisnis

Meski hanya usaha di rumah, Anda tetap harus membuat rencana bisnis. Hal ini meliputi tujuan, visi-misi, target pasar, kompetitor, proyeksi keuntungan, proses produksi dan lainnya. Dengan begini, bisnis bisa semakin terarah dan mudah mencapai target tujuan.

3. Menyiapkan Modal Bisnis

Ada banyak pilihan untuk mendapatkan modal usaha di rumah mulai dari tabungan sendiri, mendapatkan dana dari keluarga dan pinjaman. Namun pastikan modal usaha yang diperoleh cukup untuk menjalankan usaha.

4. Melakukan Riset Pasar

Selain ketiga cara di atas, cara membuka usaha sendiri di rumah selanjutnya melakukan riset pasar untuk mengetahui segmentasi dan target konsumen. Melalui cara ini, target pemasaran produk akan terasa lebih mudah. Ketahui juga demografis konsumen seperti usia, selera, pekerjaan, jenis kelamin dan lainnya.

5. Menemukan Supplier Produk

Anda pasti membutuhkan supplier yang menyediakan bahan baku produksi atau produk siap jual. Memilih supplier perlu dilakukan dengan cara tepat dan cermat karena akan jadi partner bisnis dalam jangka panjang. Kualitas bahan baku juga perlu dipertimbangkan.

6. Melakukan Evaluasi Berkala

Evaluasi bisnis turut jadi cara membuka usaha sendiri di rumah yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa melakukan setelah bisnis berjalan selama satu minggu atau sebulan. Laporan keuangan dan hasil penjualan bisa dievaluasi secara berkala. Dari sini Anda bisa tahu untung atau rugi.

7. Mengadakan Promosi

Mengadakan promosi merupakan bagian dari pemasaran dan jadi langkah penting untuk mendatangkan pelanggan. Penjual bisa mengandalkan sosial media sebagai sarana promosi yang mudah dan cepat. Banyak ide konten media sosial yang bisa dijadikan inspirasi untuk memasarkan produk.

8. Membuat Target

Agar lebih semangat saat memulai usaha di rumah, cobalah membuat target. Anda bisa menyusun target dengan menentukan berapa keuntungan yang diinginkan terlebih dahulu. Misalnya menentukan target untung 20% terlebih dahulu di awal usaha.

9. Membuat Rekening Terpisah

Ketika ingin memulai usaha sendiri di rumah, buatlah rekening tabungan secara terpisah dari rekening pribadi. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko tercampurnya uang pribadi dengan bisnis sehingga pencatatan keuangan bisa lebih rapi.

10. Menentukan Modal Usaha

Ada dua model usaha yang bisa dipilih yaitu online dan offline. Terlebih di era digitalisasi saat ini banyak orang yang mengandalkan belanja online daripada offline karena diyakini lebih mudah dan efisien. Anda bisa mempertimbangkan bisnis online karena modalnya tidak terlalu besar.

Jajanan untuk Usaha di Rumah

Daftar jajanan ini bisa Anda jadikan sebagai ide usaha di rumah, berikut di antaranya:

1. Dimsum dan Siomay

Dimsum dan siomay jadi ide bisnis rumahan yang kerap dijadikan pilihan. Selain enak, juga cukup laku di pasaran. Anda bisa membuat dimsum atau siomay sendiri atau mengambil dari supplier sehingga lebih praktis.

2. Camilan Ringan

Camilan ringan masih jadi usaha yang cukup banyak digandrungi oleh anak kecil hingga remaja khususnya. Di antaranya usaha macaroni, basreng, keripik dan lainnya untuk menemani saat nonton acara televisi. Harganya yang murah dan rasanya enak bisa jadi nilai tambah.

3. Desert Box

Sejak tahun 2022, usaha desert box cukup populer dan bisa dijadikan sebagai makanan penutup dengan bahan dasar sponge cake, kue dengan paduan whip cream dan brownies. Desert box bisa dibuat dalam kemasan plastik bening atau kaca berbentuk kotak yang bisa disajikan saat dingin.

Kesepuluh cara membuka usaha sendiri di rumah ini bisa Anda pertimbangkan untuk dapat penghasilan tambahan dan bisa lebih berkembang. Beberapa ide jajanan bisa dijadikan ide bisnis di rumah seperti dimsum dan siomay, cemilan ringan, desert box atau lainnya.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...