9 Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Apakah Anda ingin mendapat menghasilan tambahan dari rumah? Beberapa usaha rumahan yang lagi trend ini bisa menjadi salah satu caranya. Usaha ini juga cocok untuk ibu rumah tangga.
Image title
11 Januari 2022, 19:16
9 Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga
ANTARAFOTO/Syifa Yulinnas
Salah satu contoh usaha rumahan yang lagi trend

Aktivitas sebagai ibu rumah memang melalahkan. Namun ternyata banyak juga ibu rumah tangga yang merasa bosan dengan aktivitas yang monoton. Sehingga banyak diantara mereka yang ingin mencoba hal baru, salah satunya usaha rumahan yang lagi trend.

Bisnis rumahan menjadi profesi yang cocok untuk ibu rumah tangga. Sebab banyak para ibu yang tidak bisa meninggalkan buah hatinya untuk pergi bekerja. Maka dari itu, salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan sekaligus menghilangkan bosan yaitu dengan membangun usaha sendiri dari rumah.

Perkembangan teknologi membuat usaha rumahan semakin mudah dilakukan. Tanpa perlu keluar rumah, kita sudah bisa memasarkan produk yang dijual. Bahkan ada juga bisnis yang tidak perlu menyetok barang dagangan.

Lalu, apa saja bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut beberapa pilihannya.

Advertisement

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

1. Katering Makanan Sehat

Bagi ibu rumah tangga memasak merupakan aktivitas yang rutin dilakukan. Hampir setiap hari ibu selalu mengupayakan memasak untuk keluarganya. Dari rutinitas ini ternyata bisa menjadi ide bisnis rumahan yang prospektif.

Misalnya dengan membuat katering makanan sehat. Saat ini banyak orang yang mulai beralih ke gaya hidup sehat. Dengan memanfaatkan peluang dan sosial media, Anda bisa dengan mudah mengembangkan usaha katering sehat dari rumah.

2. Jasa Laundry

Selain memasak, para ibu rumah tangga juga tidak asing dengan aktivitas mencuci pakaian. Aktivitas yang terlihat biasa tersebut ternyata memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

Anda bisa mencoba untuk membuat jasa laundry dari rumah. Sebab saat ini banyak orang yang mulai mencari penyedia jasa cuci pakaian ini. Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mencuci pakaian mereka.

Dalam usaha laundry Anda bisa menawarkan beberapa produk sesuai kebutuhan pelanggan. Misalnya, cuci kering, cuci setrika, cuci bed cover, dan lain sebagainya. Dengan demikian, usaha laundry milik Anda bisa lebih berkembang dan banyak dibanjiri pelanggan.

3. Jasa Les Privat

Ide usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya yaitu membuka jasa les privat atau bimbingan belajar. Di masa pandemi seperti saat ini, banyak orang tua yang mencarikan guru les untuk anak-anaknya.

Apabila Anda memiliki kemampuan mengajar anak-anak, tak ada salahnya membuka jasa les privat di rumah. Selain mendapatkan keuntungan materi, Anda juga memiliki kesempatan untuk berbagi ilmu kepada orang lain.

4. Reseller Produk Kecantikan

Sebagai ibu rumah tangga, Anda juga tetap bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya dengan cara menjadi reseller produk kecantikan. Sudah banyak brand produk kecantikan yang membuat membership dan memberikan kesempatan siapa untuk menjadi reseller produk mereka.

Dengan berjualan kosmetik atau skincare, Anda tidak perlu repot-repot memproduksi barang tersebut. Cukup lakukan strategi pemasaran yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah.

5. Menjual Makanan Kekinian

Usaha jajanan rumahan modal kecil juga bisa menjadi pilihan bagi para ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan. Ada banyak makanan kekinian dengan modal yang relatif ringan, seperti churros, corn dog, craffle, donat aneka rasa, dan snack ringan yang inovatif. Produk-produk tersebut bisa Anda jual lewat sosial media atau menjajakannya di depan rumah Anda.

6. Membuat Kerajinan Tangan

Jika Anda bisa kerajinan tangan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan keterampilan tersebut sebagai bisnis. Beberapa usaha dari produk kerajinan tangan yang banyak diminati antara lain; buket bunga, hantaran pernikahan, kerajinan menghias mahar, membuat boneka kain, dan bentuk kerajinan tangan lainnya.

7. Jasa Jahit Pakaian

Usaha rumahan yang lagi trend lainnya yaitu usaha jasa jahit pakaian. Usaha rumahan ini cukup prospektif jika dikembangkan dengan serius.

Selain menerima pesanan dari customer, Anda juga bisa memproduksi pakaian dalam jumlah banyak. Kemudian menjualnya di e-commerce atau sosial media. Dengan kualitas yang baik dan model pakaian yang variatif, maka bisa meningkatkan nilai jual dari produk tersebut.

8. Jualan Jilbab

Usaha lainnya yang bisa Anda coba yaitu usaha dibilang fashion, salah satunya jualan jilbab. Saat ini ada banyak jilbab yang digemari masyarakat. Untuk berjualan jilbab, Anda tidak perlu memproduksi jilbab itu sendiri. Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper dari produsen jilbab tersebut.

9. Content Creator

Usaha rumahan yang sedang trend selanjutnya yaitu content creator. Jenis usaha ini bisa dilakukan siapa saja, termasuk ibu rumah tangga. Prospek usaha sebagai content creator sangat besar. terlebih saat ini media sosial sudah sangat menjamur.

Anda bisa membuat video singkat kemudian mengunggahnya ke TikTok, YouTube, atau Instagram. Ruang untuk menjalan usahanya juga sangat luas. Usaha ini memang tidak langsung menghasilkan profit, namun jika ditekuni dengan serius maka penghasilan yang diperoleh sebagai content creator bisa sangat berlimpah.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait