8 Ide Konten YouTube yang Bermanfaat, Termasuk Story Telling

Ghina Aulia
5 Desember 2022, 17:27
Ide Konten Youtube yang Bermanfaat
pexels
Ilustrasi YouTube

Salah satu platform terkenal sekarang adalah YouTube. Situs berlogo merah tersebut pertama kali hadir pada 2005. YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.

Hingga sekarang, YouTube masih berdiri kokoh sebagai platform yang membuat penggunanya mampu menonton, mengunggah, dan membagikan video. Terdapat banyak jenis video yang dapat diakses setiap waktunya.

Pada kesempatan ini, Katadata.co.id akan membahas tentang ide konten YouTube yang bermanfaat. Hal ini juga berhubungan dengan banyaknya kreator yang hadir sejak aktif di YouTube.

Apabila Anda terpikirkan untuk membuat kanal YouTube, tetapi bingung untuk menentukan kontennya, jangan lewatkan pembahasan di bawah ini. Berikut rekomendasi ide konten, dirangkum dari situs Crux Finder: 

Ide Konten YouTube yang Bermanfaat

1. Trik Matematika Cepat

Tema ini lebih spesifik menyasar penonton yang masih memiliki kendala dalam mengerjakan soal matematika. Alih-alih menyelesaikan soal dengan cara yang dipelajari di sekolah atau buku pelajaran, Anda yang memiliki keahlian di bidang ini sebaiknya membuat video mengenai tips dan trik mengerjakan soal matematika.

Beberapa kanal YouTube yang terkenal adalah 5-Minutes Crafts TEENS, Smart Learning Tube, 123 Go! Live, tecmath, dan lain-lain. Mungkin Anda bisa menjadi deretan kanal tersebut.

2. Jalan Pintas

Istilah jalan pintas di media sosial lebih akrab dengan sebutan ‘Hacks.’ Kata tersebut mengacu kepada cara cepat dan alternatif dalam melakukan sesuatu. Misalnya cara membersihkan layar ponsel, membuat tumbuhan subur, memotong buah, dan lain-lain.
Perlu diketahui bahwa lingkup jenis video ini tidak terbatas. Selama mudah dilakukan dan ‘tidak biasa,’ Anda bisa membuatnya sebagai konten video di YouTube.

3. Story Telling

Salah satu konten yang ramai ditonton adalah video bercerita atau story telling. Sebut saja Nessie Judge, Detective Aldo, Hirotada Radifan, Nadia Omara, Yuvi Phan, dan lain-lain. Deretan nama-nama tersebut merupakan YouTuber story telling yang terkenal di Indonesia.

Anda bisa mencobanya dengan bercerita tentang apa saja. Misalnya misteri, kasus yang sedang hangat, sejarah, fenomena, hiburan, dan film atau drama.

5 Ide YouTube untuk Pemula 2022

1. Mulai membuat Vlog

Vlog adalah kependekan dari Video Blog. Sedangkan melakukan pembuatan vlog disebut vlogging. Singkatnya, vlog berisi tentang kehidupan sehari-hari ketika berkegiatan.

Dilansir dari situs Vlogging Pro, 44% pengguna internet menonton vlog setiap bulannya. Tercantum bahwa 66% pengelola bisnis menyatakan promosi melalui video adalah cara yang efektif sebagai bentuk content marketing.

Sementara itu, membuat vlog juga beragam jenisnya. Untuk Anda yang khawatir vlog akan terkesan membosankan, berikut ini adalah ide-ide vlog yang dirangkym dari situs Bigvu.tv:

Vlog Jalan-jalan: tips liburan murah, cerita liburan, episode-episode liburan
Vlog Lucu: prank, video reaction, meme, bloopers, parodi, fails
Vlog Kebugaran: video tutorial, cara hidup sehat, olahraga, konsumsi makanan sehat, pitfalls
Vlog Pribadi: fakta-fakta tentang diri Anda, tujuan hidup, curhat, kegiatan sehari-hari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...