Mengenal 5 Manfaat Teh Putih untuk Kesehatan

Destiara Anggita Putri
5 Desember 2022, 21:09
Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan
Unsplash
Ilustrasi, teh putih.

Teh putih atau white tea merupakan jenis teh yang berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau yaitu Camellia sinesis.  Walaupun demikian, teh putih biasanya dipanen ketika daun dan kuncupnya belum benar-benar terbuka. Teh putih juga memiliki metode pengolahan yang berbeda sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik. 

Manfaat teh putih untuk kesehatan telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Dibandingkan dengan teh hitam dan teh hijau, teh putih melewati proses produksi yang paling minim sehingga membuatnya  memiliki kandungan antioksidan paling tinggi. 

Kandungan antioksidan inilah yang membuat teh ini baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan termasuk melawan radikal bebas. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lima manfaat teh putih untuk kesehatan di bawah ini.

1. Melawan Radikal Bebas

Minum teh putih secara rutin ternyata mampu membantu tubuh melawan radikal bebas. Dikutip dari Journal Food of Chemistry, hal ini dikarenakan teh putih mengandung jenis polifenol yang disebut dengan katekin. 

Kandungan polifenol ini  memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Jika tubuh terpapar radikal bebas, maka senyawa ini dapat menyebabkan  terjadinya peradangan kronis,sistem kekebalan yang melemah, kanker, bahkan hingga penuaan dini.

Banyak penelitian telah membuktikan manfaat antioksidan yang terkandung pada teh ini. Salah satunya sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Inflammation. Penelitian tersebut menemukan, bahwa katekin yang terkandung pada teh putih dapat membantu melawan radikal bebas.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di banyak negara di dunia. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat yang akhirnya menyebabkan peradangan kronis di dalam tubuh.

Untuk mencegah hal ini, Anda sebaiknya perlu minum teh putih secara rutin. Kandungan polifenol yang terdapat pada teh  putih ternayata dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dalam berbagai cara.  Salah satunya dengan memnatu merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan kekebalan. 

Manfaat lain dari polifenol juga telah berhasil dibuktikan oleh sebuah studi dari Journal of Environmental Health and Preventive Medicine yang menemukan bahwa kandungan pada teh putih ini dapat mencegah kolesterol jahat (LDL) teroksidasi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Selain itu, ada juga penelitian lain yang menemukan bahwa orang yang minum tiga cangkir teh putih atau lebih per hari memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Walaupun baik untuk jantung, Anda sebaiknya juga tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, berolahraga secara tidur, serta tidur yang cukup. Dengan demikian, risiko Anda terkena penyakit jantung semakin kecil.

3. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit tulang dimana  tulang menjadi berlubang dan keropos. Salah satu penyebabnya adalah adanya peradangan kronis akibat radikal bebas di tubuh.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...