Natuna Lokasi Karantina WNI dari Wuhan Menuai Protes, Ini Alasan TNI

Image title
1 Februari 2020, 18:30
WNI, natuna, wuhan, virus corona
Antara/Cherman
Ratusan Warga melakukan aksi demonstrasi menolak rencana pemerintah mengkarantina WNI dari Wuhan di Pangkalan Militer Natuna.

Keputusan pemerintah menetapkan Pangkalan Militer Natuna sebagai tempat karantina bagi warga negara Indonesia yang dievakuasi dari Wuhan Tiongkok terkait wabah virus Corona diprotes oleh warga setempat. Ratusan Warga Natuna mendatangi kantor DPRD menolak rencana tersebut. 

Sebenarnya, apa alasan pemerintah memilih Natuna?

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan Pangkalan Militer Natuna memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola oleh tiga angkatan bersenjata. Dengan demikian, menurut dia, terdapat para dokter yang berasa dari angkatan darat, udara, dan laut. 

Pangkalan ini juga memiliki mess atau asrama yang mampu menampung hingga 300 orang dengan fasilitas dapur lapangan dan tempat untuk mandi cuci kakus atau MCK yang memadai. Adapula landasan pacu pesawat tak jauh dari lokasi tersebut. 

"Sehingga, nanti saudara-saudara kita langsung turun dari pesawat, masuk ke tempat penampungan mereka," ujar Hadi.

(Baca: Cara Lion Air Mensterilkan Pesawat usai Evakuasi WNI dari Wuhan)

Kepulauan Natuna saat ini tercatat memiliki Bandara Ranai yang pengelolaannya berada di bawah Angkatan Udara TNI. Bandara ini. Namun, bandara ini juga melayani penerbangan sipil dari Batam dan Tanjung Pinang. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...