Presiden Trump Ikut Berduka Atas Wafatnya BJ Habibie

Image title
Oleh Ekarina
13 September 2019, 12:06
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie.
REUTERS/Kevin Lamarque/ANTARA FOTO
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald J. Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya mantan presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie. Trump menyebut Habibie telah menjalankan kepemimpinan luar biasa di tengah berbagai tantangan berat, terutama setelah ditinggal presiden Soeharto pada 1998.

"Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia," tulis pernyataan resmi Gedung Putih seperti yang dilasir dari Kedutaan Besar AS di Indonesia.

(Baca: Ungkapan Duka Cita Timor Leste Atas Kepergian BJ Habibie)

Trump juga menyebut BJ Habibie sebagai seorang insinyur yang berhasil dan akan terus dikenang kontribusinya bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia. Termasuk kontribusinya di industri penerbangan dalam negeri.

"Ini merupakan suatu contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia," tulisnya.

Ungkapan duka cita juga sebelumnya disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael R. Pompeo. Dalam keterangan resminya, Pompeo menyampaikan ikut berbelasungkawa yang terdalam kepada keluarga dan rakyat Indonesia atas meninggalnya mantan Presiden BJ Habibie.

Mantan presiden ketiga RI ini dinilai telah memimpin negara dan rakyatnya melewati periode penting selama masa transisi demokrasi Indonesia. Habibie juga dikenang karena kontribusinya bagi pembangunan ekonomi dalam negeri serta komitmennya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...