Jokowi Minta Bawaslu Usut Dugaan Surat Suara Tercoblos di Malaysia

Dimas Jarot Bayu
11 April 2019, 17:45
surat suara tercoblos
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) menyapa pendukung saat kampanye akbar di Solo, Jawa Tengah, Selasa (9/4/2019).

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo angkat bicara terkait dugaan surat suara Pemilu 2019 yang telah tercoblos di Selangor, Malaysia. Jokowi meminta Badan Pengawas Pemilu mengusut perkara tersebut.

"Kalau itu benar dan itu merupakan pelanggaran, laporkan saja ke Bawaslu," kata Jokowi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat, Kamis (11/4).

Jokowi menilai Bawaslu sudah memiliki mekanisme yang jelas untuk mengusut persoalan tersebut. Dia lantas meminta isu tersebut tak perlu dibesar-besarkan. "Enggak usah diangkat isu-isu yang enggak jelas," kata Jokowi.

(Baca: KPU Masih Cek Kebenaran Surat Suara Pemilu Tercoblos di Malaysia)

Sekitar 95 kantong surat suara Pemilu 2019 yang telah tercoblos ditemukan di sebuah bangunan kosong di Bandar Baru, Bangi, Selangor, Malaysia. Mayoritas surat suara itu telah tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan anggota DPR RI Daerah Pemilihan 2 dari Partai Nasdem.

Berdasarkan video yang beredar surat suara tersebut ada dalam sebuah tumpukan tas berwarna hitam dan sebagian sudah tercecer. Komisioner Bawaslu Fritz Edward Siregar membenarkan informasi tersebut.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...