Terobosan Bekraf Membawa Produk Kreatif ke Pasar Global

Heri Susanto
14 Maret 2019, 16:32
London Book Fair 2019
Katadata | Heri Susanto

Badan Ekonomi Kreatif melakukan sejumlah terobosan baru untuk memperkenalkan produk-produk ekonomi kreatif Indonesia ke pasar global. Hal itu disampaikan Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik usai diskusi mengenai “Creative Indonesia” di London Book Fair 2019 di London, 13 Maret 2019. Narasumber lainnya desainer fashion, Didiet Maulana, dan ahli lisensi dan Direktur Merchandising Asian Games 2018, Mochtar Sarman.

Menurut Ricky, sejumlah terobosan diperlukan agar upaya memperkenalkan produk kreatif Indonesia berjalan efektif hingga menghasilkan transaksi bisnis. “Kita perlu cara-cara baru untuk memperkenalkan produk kreatif Indonesia ke manca negara,” kata Ricky kepada Katadata.co.id.  

(Baca: Hari Pertama London Book Fair, Indonesia Raup Transaksi Rp 3 Miliar)

Beberapa terobosan baru tersebut di antaranya mengajak pelaku industri kreatif yang sudah siap -dari sisi produk dan pelakunya- dalam mempresentasikan produknya. Sebab, tak sedikit pelaku yang belum siap. Untuk memastikannya, panitia melakukan kurasi dengan cermat dan akurat mengenai siapa yang layak diberangkatkan agar ujungnya bisa menghasilkan kesepakatan bisnis.

Contohnya, seperti disampaikan Laura B Prinsloo, Ketua Panitia Indonesia Market Focus, salah satu program yang disusun oleh panitia dan British Council sebagai mitra London Book Fair bagi negara-negara market focus adalah memilih 12 penulis Indonesia. Mereka akan tampil di sejumlah acara di London untuk memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia. Tujuannya, mendukung target penjualan 50 hak cipta konten penerbitan di LBF 2019 ini.

Selain para penulis, Bekraf juga menampilkan para pelaku industri kreatif yang lain untuk mempresentasikan produknya. Mereka bergerak di sub sektor kuliner, fashion, film, seni pertunjukan, komik, eksibisi arsitektur dan desain drafis, ilustrasi, boardgames, dan digital animasi. Dengan seluruh subsektor tersebut, panitia merancang 120 acara yang berlangsung tidak hanya di Olympia, juga di berbagai venue di seluruh kota London.

(Baca: Wajah Keragaman Identitas Indonesia di London Book Fair 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...