Slank Tambah Panjang Daftar Musisi yang Rekaman di Studio Tertua

Dini Hariyanti
7 Februari 2019, 21:00
Upacara 17 Agustus di Istana
Arief Kamaludin|KATADATA
Penampilan grup musik Slank dalam Upacara 17 Agustus 2016 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (17/08).

Kelompok musik Slank merekam sepuluh lagu untuk album ke-23 mereka di studio Lokananta, Surakarta, Jawa Tengah. Semakin panjang daftar musisi yang pernah berkarya bersama perusahaan rekaman pertama di Indonesia ini.

Drummer Slank Bimbim menyatakan bahwa timnya menyelesaikan proses rekaman di Lokananta dalam lima hari. "Lima hari untuk sepuluh lagu di album ini," tuturnya mengutip Antara, Kamis (7/2).

Musisi legendaris yang lebih dulu menelurkan lagu di Lokananta di antaranya Waldjinah, Gesang, Titiek Puspa, dan Bing Slamet. Grup musik masa kini yang juga pernah berkarya di studio ini, contohnya White Shoes and The Couples Company, Pandai Besi, dan Glenn Fredly.

(Baca juga: Kontroversi 6 Pasal RUU Permusikan yang Ingin Dihapus oleh Musisi

Lokananta beroperasi sejak 1956. Satu-satunya label milik negara ini bertugas untuk memproduksi serta menduplikasi piringan hitam dan kaset audio. Pada 1983, hadir unit produksi penggandaan film berformat pita magnetik (Betamax dan video home system).

Label rekaman bagian dari Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) Cabang Surakarta tersebut, kini merambah platform digital. Pada 2016, tepat pada ulang tahun ke-60, Lokananta menggandeng JK Records meluncurkan distribusi streaming koleksi lagu-lagunya. Masyarakat bisa menikmati melalui Spotify dan Deezer.

Sempat dikabarkan pula bahwa pada tahun yang sama, Lokananta bekerja sama dengan Lokananta Project meluncurkan www.lokanantamusik.com sebagai perpustakaan digital untuk arsip musik. Sayang, situs ini tidak bisa diakses.

(Baca juga: Pameran di AS, Produsen Alat Musik Lokal Raup Transaksi Rp 19 Miliar

Berkomentar tentang Lokananta, Vokalis Slank Kaka menyatakan bahwa meskipun usia dapur rekaman ini tua tetapi kualitas karya yang dihasilkan tetap berstandar internasional. Bahkan, proses rekaman selama lima hari merupakan yang tercepat bagi grup musiknya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...