Pemerintah Lelang Tiga Blok Migas Nonkonvensional

Anggita Rezki Amelia
31 Oktober 2016, 20:04
Blok migas
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi (migas) nonkonvesional. Padahal, pada lelang wilayah kerja migas sebelumnya, hanya tiga blok yang laku dari tujuh wilayah kerja migas yang ditawarkan. 

Meski demikian, Direktur Pembinaan Hulu Kementerian ESDM Tunggal tetap optimistis terhadap proses lelang kali ini. Pemerintah akan berupaya dengan segala upaya agar investor tertarik menanamkan modalnya di Indonesia. (Baca: Setahun Terakhir, Pemerintah Gagal Gaet Investor Garap Blok Migas)

Salah satunya dengan menampung keluhan investor terkait wilayah kerja migas yang selama ini dilelang namun tidak laku. Untuk itu, dilakukan proses Focus Group Discussion (FGD) dengan para investor. "Saya mau lakukan penilaian termasuk memanggil pengusahanya, kenapa tidak memasukkan bid (penawaran). Siapa tahu ada keluhan dari investor," kata dia di Jakarta, Senin (31/10).

Demi menarik investor, pemerintah juga menerapkan mekanisme penawaran baru, yaitu peserta dibebaskan menawar persentase bagi hasil dan jumlah bonus tanda tangan. Pemenang lelang ditentukan dari penawaran peserta yang memiliki proposal rencana kerja dan komitmen, persentase bagi hasil, dan jumlah bonus tanda tangan terbaik berdasarkan Terms and Conditions Owner Estimate atau syarat dan ketentuan yang dimiliki pemerintah.

Ada tiga wilayah kerja migas nonkonvensional yang ditawarkan Perinciannya,  satu wilayah kerja blok shale hidrokarbon melalui mekanisme lelang reguler dan dua wilayah kerja gas metana batubara (GMB) melalui penawaran langsung. (Baca: Aturan Migas Nonkonvensional Resmi Terbit, Kontraktor Bisa Ubah Kontraknya)

1.    Lelang Reguler Wilayah Kerja Migas Nonkonvensional Tahun 2016 sebanyak 1 (satu) Blok Shale Hidrokarbon: 
 No WILAYAH KERJA     LUAS (KM2)   LOKASI  
 1 WK MNK BATU AMPAR 2.452 Onshore Kalimantan Timur
 2.    Penawaran Langsung Wilayah Kerja Migas Nonkonvensional Tahun 2016 sebanyak dua Blok Gas Metana Batubara (GMB):
 No WILAYAH KERJA LUAS (KM2) LOKASI
 1 WK GMB RAJA 580.5 Onshore Sumatra Selatan
 2 WK GMB BUNGAMAS     483.6 Onshore Sumatra Selatan

Jadwal lelang reguler WK MNK tahun ini dimulai dengan akses dokumen penawaran pada 31 Oktober hingga 27 Februari 2017. Lalu, forum klarifikasi pada 4 November 2016 sampai 27 Februari 2017, dan batas pengumpulan dokumen partisipasi pada 27 Februari 2017.

Sementara untuk penawaran langsung, akses dokumen penawaran pada 31 Oktober 2016 hingga 15 Desember 2016. Setelah itu forum klarifikasi pada 4 November 2016 sampai  15 Desember 2016, serta batas pengumpulan dokumen partisipasi pada 15 Desember 2016 Pukul 14.30 WIB.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...