Sudirman Minta Pertamina Paparkan Kesiapan Kelola Blok Mahakam

Anggita Rezki Amelia
25 Juli 2016, 16:59
No image
Menteri ESDM Sudirman Said

Pemerintah meminta PT Pertamina (Persero) mempercepat kesiapannya untuk mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dari Total E&P Indonesie. Pertimbangannya, kontrak blok minyak dan gas bumi di Kalimantan Timur itu akan berakhir tahun depan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, sebelum Pertamina resmi menjadi operator, perlu adanya masa transisi di Blok Mahakam. Selama masa tersebut, Pertamina harus mempersiapkan diri agar proses alih kelola blok itu dapat berjalan lancar. (Baca: Pertamina Siap Jalan Terus Tanpa Total di Blok Mahakam)

Advertisement

Di sisi lain, Sudirman mengatakan, masa transisi ini juga membutuhkan sikap terbuka dari Total E&P. “Total mengatakan kami siap memberikan apapun yang dibutuhkan. Tinggal Pertamina meningkatkan kesiapannya,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (25/7).

Untuk mengukur kesiapan tersebut, Sudirman akan meminta manajemen Pertamina mempresentasikannya. Targetnya, presentasi itu akan dilakukan dalam pekan ini.

Menurut Sudirman, masa transisi Blok Mahakam juga tidak membutuhkan payung hukum baru. Sebab, sudah ada Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 tahun 2015 tentang pengelolaan wilayah kerja minyak dan gas bumi yang akan berakhir kontrak kerjasamanya.

Pasal 14 dalam aturan itu mengatur, jika Pertamina diberikan persetujuan untuk melakukan pengelolaan, kontraktor wajib bekerjasama dengan Pertamina untuk mengambil langkah-langkah persiapan peralihan pengelolaan sebelum berakhir kontrak kerja sama. Antara lain terkait dengan akses dan pemanfaatan data, aset, dan penggunaan tenaga kerja.

Sudirman menambahkan, Pertamina dan Total tidak perlu khawatir terhadap risiko yang terjadi selama masa transisi. “Kalau mau masuk ke sesuatu yang sudah jalan pasti, risikonya harus diantisipasi, kan ada manajemen risiko.  Jadi tidak bisa karena kami takut risiko kemudian tidak melangkah,” ujar dia. (Baca: Masa Transisi Alih Kelola Blok Mahakam Ancam Target Lifting)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement