Pemerintah Siapkan Enam Langkah Bangkitkan UMKM Setelah Pandemi Corona

Image title
13 Juni 2020, 12:09
pemerintah, umkm, pandemi corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww.
Ilustrasi, pelaku UMKM. Pemerintah menyiapkan enam langkah untuk membantu UMKM bangkit setelah pandemi corona.

Pemerintah menyiapkan enam langkah untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM yang terdampak pandemi corona. Program-program tersebut diperkirakan memakan anggaran senilai Rp 1.601,75 triliun.

Menteri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengatakan enam program yang telah disusun yakni perluasan akses pasar, peningkatan daya saing, pengembangan kewirausahaan, akselerasi pembiayaan dan investasi, kemudahan dan kesempatan berusaha dan koordinasi lintas sektor. Nantinya, program tersebut akan dijalankan di setiap daerah.

Advertisement

"Pemda harus mencari peluang, para pimpinan di daerah tolong terus memantau dan terus sosialisikan kepada masyarakat. Apabila ada kesulitan dalam pelaksanaannya nanti akan kita bantu. Semua harus proaktif, kerjakan secara holistik agar membantu perekonomian daerah dan juga bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” kata dia dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (12/6).

Menurut dia, sektor UMKM menjadi salah satu prioritas lantaran tingginya jumlah serapan tenaga kerja. Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, sektor tersebut menyerap lebih dari 95% total tenaga kerja atau lebih dari 115 juta, serta berkontribusi pada 14,4% nilai ekspor non-migas dan penyumbang 61% PDB nasional.

(Baca: Jubir Presiden Sebut PSBB Tak Bisa Terlalu Lama Demi Selamatkan UMKM)

(Baca: Siasat UMKM Lewati Pandemi)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement