Fase New Normal, UMKM Jadi Medan Perang Baru Gojek dan Grab

Desy Setyowati
11 Juni 2020, 11:37
Medan Perang Baru Gojek dan Grab Memasuki Normal Baru, UMKM
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Ilustrasi, sejumlah pengemudi ojek daring (online) menunggu penumpang di depan Stasiun Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).

Gojek dan Grab makin serius merambah layanan yang mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) saat memasuki normal baru (new normal). Berbagai sektor usaha, termasuk UMKM memang mulai beralih ke layanan berbasis digital akibat pandemi corona.

Eksekutif senior Gojek yang enggan disebutkan namanya mengatakan, perusahaan ingin berfokus membantu bisnis kecil di Indonesia bertahan dari krisis ekonomi akibat pandemi virus corona. “Gojek ingin menjembatani kesenjangan antara UMKM dengan perusahaan teknologi global,” demikian dikutip dari CNBC Internasional, Kamis (11/6). 

Advertisement

Pekan lalu, Gojek mengumumkan perolehan pendanaan dari Facebook dan PayPal. Raksasa teknologi ini akan mendukung Gojek mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan. 

Para ahli mengatakan, perusahaan teknologi global butuh pemahaman lokal yang mendalam terkait pasar, jika ingin berhasil di Asia Tenggara. Gojek dinilai menjadi jalan bagi Facebook dan PayPal untuk merambah pasar Indonesia.

“Pasar kami secara fundamental terdiri dari UKM,” kata CEO GoPay Aldi Haryopratomo saat wawancara dengan jurnalis CNBC Internasional Saheli Roy Choudhury. (Baca: Perang Baru Para Unicorn dan Decacorn di Warung Kelontong)

Di satu sisi, 100 ribu UMKM bergabung dengan ekosistem Gojek dalam tiga bulan di tengah pandemi Covid-19. Padahal, sebelumnya perusahaan butuh waktu dua tahun untuk menggaet 500 ribu UMKM.

Hal itu menunjukkan bahwa semakin banyak UMKM yang merambah layanan digital akibat pandemi corona. “Apa yang ingin kami lakukan yakni membantu pedagang melewati masa krisis ini. Apakah itu dengan menyediakan layanan pesan-antar makanan, logistik, pembayaran, dan bahkan akses ke platform,” kata Aldi.

Begitu juga dengan UMKM yang ingin mengakses layanan teknologi seperti Google, Facebook, dan PayPal. “Kemudian, kami menjembatani pedagang kecil di jalan dengan beberapa perusahaan teknologi global,” ujar dia.

(Baca: Babak Baru Pertarungan Gojek dan Grab di Tiga Layanan)

Sejauh ini, sekitar 50% dari transaksi di platform Gojek menggunakan layanan GoPay. Selain itu, lebih dari setengah juta mitra penjual yang menerima layanan pembayaran GoPay.

Gojek juga mengakuisisi startup penyedia layanan kasir (point of sales/POS), Moka. "Tujuannya, kami ingin menjadi organisasi yang memberikan solusi holistik bagi para pedagang untuk mengembangkan bisnis mereka," kata Aldi.

Sedangkan Grab berencana meluncurkan platform Grab Merchant. Layanan business to business (BtoB) bertujuan membantu UMKM di Asia Tenggara agar dapat mengelola bisnis mereka terintegrasi, menggunakan teknologi.

Para pelaku UKM dapat memperoleh pasokan hingga mengelola iklan melalui layanan B2B tersebut. Grab berharap dapat meluncurkan layanan keuangan untuk para merchant dalam beberapa bulan mendatang melalui layanan keuangan GrabPay.

(Baca: Normal Baru, Layanan Pesan Antar Perusahaan Digital Bersaing Ketat)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement