Harga Emas Cetak Rekor, Logam Mulia Antam Melonjak ke Rp 982 Ribu

Ameidyo Daud Nasution
22 Juli 2020, 09:43
harga emas, rekor, emas antam
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi. Harga perdagangan emas dunia pada Rabu (22/7) mencetak rekor tertinggi selama sembilan tahun.

Harga emas dunia mencapai rekor baru sejak September 2011 yakni US$ 1.843 per ounce pada perdagangan Rabu (9/7) waktu Indonesia. Pelemahan dolar Amerika Serikat dan potensi inflasi dari stimulus dampak virus corona menjadi motor lonjakan harga emas.

Dolar AS telah berada di tingkat terendahnya selama empat bulan belakangan. Hal ini berdampak harga emas sebagai safe haven lebih murah untuk pemegang mata uang utama lainnya.

Advertisement

"Tingkat imbal hasil dari suku bunga telah jatuh dan merupakan faktor lain yang membantu emas," kata Bart Melek, Head of Commodity Strategies di TD Securities dilansir dari Reuters, Rabu (22/7).

Selain itu sentimen positif terhadap harga emas juga datang dari virus corona yang terus menyebar di AS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit negara tersebut telah memperingatkan bahwa kasus dan kematian dapat meningkat pada musim gugur dan musim dingin ini.

Beberapa negara juga sedang menyiapkan sejumlah stimulus guna mengungkit perekonomian dampak covid-19. Pertemuan para pemimpin Negara Uni Eropa telah menyepakati adanya stimulus sebesar 750 miliar Euro.

Sedangkan harga logam mulia Antam pada hari ini melonjak Rp 19.000jadi Rp 982 ribu per gram. Untuk harga penjualan emas kembali di Butik Pulo Gadung juga meningkat Rp 18.000 menjadi Rp 881 ribu per gram. 

Adapun harga emas berdasarkan bobot yang dijual di Butik Emas Pulo Gadung pada Rabu (22/7) seperti dilansir dari www.logammulia.com sebagai berikut:

Emas Batangan 0,5 gram                      Rp 521,000

Emas batangan 1 gram                          Rp 982,000

Emas batangan 2 gram                          Rp 1,904,000

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement