Ragam Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di 6 Negara, Bagaimana Indonesia?

Dini Hariyanti
28 Maret 2021, 14:04
Ragam Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di 6 Negara, Bagaimana Indonesia?
ANTARA FOTO/FB Anggoro/aww.

Di sejumlah negara yang sudah menggelar penyuntikan vaksin virus corona secara masif, kelompok lanjut usia (lansia) selalu menjadi prioritas pertama dalam program vaksinasi. Beberapa negara memberikan kemudahan proses dalam vaksinasi untuk lansia, misalnya bisa memilih lokasi.

Mengutip laman Instagram @pandemictalks, di Uni Emirat Arab, misalnya, para lansia diberikan madu. Sementara itu, pemerintah Turki mengerahkan vaksinator langsung ke rumah warga lansia yang lokasinya terpencil. Lantas, bagaimana dengan negara-negara lain? Berikut ulasan gambaran vaksinasi Covid-19 untuk lansia  di enam negara.

1. Israel

Vaksinasi pada lansia berusia di atas 60 tahun di Israel menjadi prioritas pertama, bersamaan dengan tenaga kesehatan. Pemerintah Israel fokus menyelesaikan target vaksinasi kelompok petama sebelum vaksinasi pada kelompok kedua (orang yang memiliki risiko penyakit tinggi, tenaga pendidikan, pekerja sosial, sipir dan tahanan, serta anggota IDF).

Di Israel, vaksinasi lansia efektif menurunkan kasus dan kematian pada kelompok tersebut. Saat ini sudah diberikan 1000,5 dosis per 1.000 populasi dan terdapat 45,1 persen populasi yang sudah menjalani vaksinasi lengkap. Perkembangan vaksinasi lansia di Israel per 6 Februari 2021 mencapai 80 persen.

2. Uni Emirat Arab

UEA memprioritaskan pemberian vaksin bagi tenaga kesehatan dan lansia, termasuk para warga lansia yang memiliki penyakit bawaan serta disabilitas. Khusus fase pertama, vaksin yang digunakan adalah Pfizer Biotech. Lansia di UEA mendapatkan kemudahan, yakni bisa vaksinasi di manapun tanpa registrasi bahkan bisa dilakukan di rumah, serta pemerintah memberikan madu asli gratis kepada lansia yang sudah menjalani vaksinasi lengkap.

Terdapat sektiar 661,3 dosis vaksin yang sudah diberikan per 1.00 populasi dan 22,4 persen populasi sudah vaksin lengkap. Per 10 Maret 2021, 65 persen lansia sudah vaksinasi lengkap.

3. Inggris Raya

Data yang dikeluarkan Public Health England (PHE) mengatakan, suntikan dosis pertama vaksin Pfizer secara masif kepada masyarakat lansia sukses menurunkan jumlah kasus dengan gejala di kalangan lansia sebesar 57 persen. PHE memprediksi suntikan kedua akan menurunkan jumlah kasus dengan gejala di kalangan lansia sebesar 85 persen.

Inggris menjadikan lansia sebagai prioritas utama penerima vaksin, tepatnya bagi lansia di atas 70 tahun, petugas panti wreda dan tenaga kesehatan.

Terdapat 379,7 dosis vaksin yang sudah diberikan per 1.000 populasi dan 2,3 persen populasi sudah vaksinasi lengkap. Perkembangan program vaksinasi di Inggris Raya ini sekarang mencapai 80 persen lansia sudah menerima dosis pertama.

4. Amerika Serikat

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...