Kemenkes Jamin Vaksin AstraZeneca Aman untuk Gen-Z dan Milenial

Dini Hariyanti
25 Juni 2021, 06:15
Kemenkes Jamin Vaksin AstraZeneca Aman untuk Gen-Z dan Milenial
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.
Sejumlah warga mengikuti vaksinasi massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (9/6/2021). Sebanyak 10.000 masyarakat umum, lansia, pralansia dan pelayan publik mengikuti vaksinasi massal sebagai upaya penanggulangan penyebaran COVID-19.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan memastikan bahwa vaksin AstraZeneca aman digunakan, khususnya bagi gen-z dan milenial. Kemenkes menekankan, program vaksinasi perlu terus didukung segenap masyarakat demi mengoptimalkan penanganan pandemi Covid-19

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengimbau publik agar lebih tenang dan jernih dalam menyimak informasi. Pasalnya, ada begitu banyak disinformasi, termasuk kabar yang meragukan keamanan vaksin AstraZeneca. 

“Masyarakat yang takut itu karena yang dibaca berita hoaks. Intinya, selama tidak ada kebijakan penghentian dari pemerintah maka sebaiknya tetap ikuti program vaksinasi yang ada,” tutur Siti dalam Katadata Forum Virtual Series bertajuk “Amankah Vaksin AstraZeneca untuk Gen-Z dan Milenial” pada pekan lalu. 

Terkait kabar risiko pembekuan darah akibat vaksin AstraZeneca bagi kelompok usia produktif seperti gen-z dan milenial atau penduduk 18 tahun ke atas, rasionya adalah 4 : 1 juta orang. Dengan kata lain, di antara 1 juta orang yang disuntik vaksin ini, risikonya kemungkinan muncul terhadap empat orang. 

Risiko gangguan pada darah ada, tetapi angka 4 : 1 juta mengindikasikan rasionya sangat kecil. Risiko penggumpalan darah justru jauh lebih besar bagi perokok aktif dan pengguna pil keluarga berencana (KB). Rasio penggumpalan darah pada perokok ialah 2.000 : 1 juta sedangkan pengguna pil KB sekitar 500 : 1 juta. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...