25 Kumpulan Nama Bayi Perempuan Jawa, Cantik dan Penuh Arti

Siti Nur Aeni
30 Juni 2021, 16:31
25 Kumpulan Nama Bayi Perempuan Jawa, Cantik dan Penuh Arti
ANTARA FOTO/REUTERS/Handout /pras/cf
Ilustrasi bayi perempuan Jawa

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua menemukan nama yang cocok bagi buah hati. Salah satunya dengan memberikan nama bernuansa Jawa. Untuk Anda yang berdarah Jawa atau keturunan Jawa, tak ada salahnya memberikan nama bayi perempuan Jawa untuk putri kecil anda. 

Nama Bayi Perempuan Cantik Bernuansa Jawa

Nama bayi perempuan dengan nuansa Jawa identik dengan nama-nama yang cantik, anggun, dan mampu menggambarkan sosok perempuan Jawa yang lemah lembut. Nama tersebut bisa juga menjadi doa sekaligus harapan dari orang tua kepada anaknya. Nama-nama dari bahasa Jawa juga sangat beragam dan unik, berikut ini beberapa rangkaian nama bayi perempuan Jawa tiga suku kata yang bisa menjadi inspirasi anda.

1. Adine Ardhiona Arjani

Nama pertama yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari nama bayi dengan nuansa Jawa adalah Adine Ardhiona Arjani. Adine memiliki arti berhati lembut dan menyenangkan. Ardhiona memiliki arti punya jiwa yang teguh, kuat, dan bertanggung jawab. Sedangkan Arjani berarti kegembiraan dan keceriaan. Sehingga arti dari nama tersebut adalah anak perempuan yang berhati lembut, menyenangkan, teguh, kuat, bertanggung jawab, dan ceria. Harapannya, anak perempuan tersebut juga bisa selalu membawa kegembiraan kepada siapa saja yang melihatnya.

2. Gendis Apsarini Adiratna

Nama bayi perempuan Jawa berikutnya yaitu Gendis Apsarini Adiratna. Gendis dalam bahasa Jawa berarti gula atau bisa juga dimaknai anak perempuan yang manis. Apsarini memiliki arti cantik seperti bidadari. Adiratna berarti permata indah, mulia, dan dihormati. Makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik, manis, indah, mulia, dan terhormat.

3. Asmarini Nindhy Nayaka

Asmarini berarti hebat dan sempurna. Nindhy memiliki arti sempurna. Nayaka berarti pemimpin.  Sehingga Asmarini Nindhy Nayaka berarti anak perempuan yang akan menjadi pemimpin hebat dan sempurna.

4. Ariani Elok Maharani

Nama bayi perempuan Jawa berikutnya yaitu Ariani Elok Maharani. Ariani memiliki arti berhati muda. Elok berarti cantik, menarik, dan menyenangkan. Maharani berarti permaisuri atau bisa juga dimaknai sebagai perempuan cantik, penurut, dan bijaksana. Maka makna dari nama tersebut adalah anak perempuan muda, cantik, menarik, menyenangkan, penurut, dan juga bijaksana.

5. Manika Lika Pertiwi

Manika berarti batu permata. Lika berarti anak perempuan yang penuh dengan kasih sayang, penuh kehangatan, dan cinta. Pertiwi memiliki arti bumi. Sehingga nama bayi perempuan penuh makna tersebut adalah anak perempuan yang cantik, penuh kasih sayang, kehangatan, cinta, dan rendah hati.

6. Rumi Resyakila Santika

Rumi memiliki arti daya tarik atau menarik. Resyakila berarti memiliki semangat patriotik. Dan Santika berarti yang mendamaikan. Sehingga makna nama bayi perempuan tersebut adalah anak perempuan cantik dan menarik yang memiliki semangat patriotik serta mampu membawa kedamaian.

7. Tyas Arisanti Rahmi

Tyas memiliki arti hati atau kalbu. Arisanti berarti lemah lembut atau anggun. Dan Rahmi memiliki arti penyangan. Maka dari itu, arti dari nama tersebut adalah anak perempuan yang berhati lemah lembut, anggun dan penyayang. Harapannya, anak tersebut nantinya bisa bisan menjadi anak perempuan lemah lembut dan penyayang kepada keluarga, teman-teman, dan sesamanya.

8. Ajeng Arista Mahda

Nama bayi perempuan cantik selanjutnya yaitu Ajeng Arista Mahda. Ajeng memiliki arti cantik. Arista berarti pandai, lemah lembut, dan juga anggun. Mahda berarti kegembiraan. Sehingga makna dari nama tersebut adalah anak perempuan cantik, pandai, lemah lembut, dan anggun yang membawa kegembiraan.

9. Ayu Wulan Paradista

Ayu dalam bahasa Jawa berarti perempuan yang berparas cantik. Wulan berarti bulan. Paradista berarti berdiri dengan mantap atau penuh dengan keyakinan. Sehingga Ayu Wulan Paradista bermakna perempuan berparas cantik yang penuh keyakinan dan memiliki hidup yang terang seperti bulan di malam hari.

10. Lintang Santika Ranti

Nama bayi perempuan selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Lintang Santika Ranti. Lintang berarti bintang. Santika berarti yang mampu mendamaikan atau membawa kedamaian dan Ranti berarti rangkaian bunga yang bisa dimaknai sesuatu yang indah dan harum. Maka makna dari nama tersebut adalah anak perempuan yang cantik seperti bintang, indah, dan harus yang mampu membawa kedamaian.

11. Wanda Ayu Wasesa

Wanda berarti ciri atau karakter. Ayu berarti anak perempuan yang cantik. Wasesa memiliki arti wewenang. Sehingga nama tersebut memiliki makna anak perempuan cantik dengan karakter yang kuat dan mampu memberi wewenang. Harapannya, anak tersebut nantinya bisa menjadi pemimpin yang disegani dan bijaksana dalam memberikan wewenang.

12. Anindya Larasari Utami

Anindya memiliki arti sempurna atau perempuan sempurna. Larasari adalah tokoh wanita di cerita wayang Jawa yang menggambarkan sosok perempuan setia, patuh, dan berbakti. Utami dapat diartikan sebagai anak perempuan pertama. Sehingga makna nama bayi perempuan Jawa tersebut adalah anak perempuan pertama yang sempurna, setia, patuh, dan berbakti. Nama ini sangat cocok disematkan pada putri pertama di keluarga anda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...